Jangan Lupa, Ini 3 Strategi Jawab Soal Sistem IRT UTBK 2022

 


MANGGUMEDIA.COM -- Seperti yang pernah dijelaskan di artikel sebelumnya bahwa sistem penilaian UTBK SBMPTN2022 ini akan menerapkan sistem Item Response Theory (IRT) atau bisa disebut juga dengan sistem penilaian TeoriRespons Butir.

Sistem ini memiliki kelebihan di mana peserta tertentu akan beruntung apabila bisa menjawab dengan benar soal yang banyak orang salah menjawabnya. Akan tetapi tidak juga semudah seperti yang dibayangkan, kamu perlu tahu cara bagaimana mengerjakannya dengan benar agar tepat sasaran.

Oleh karena itu, untuk mengerjakan soal UTBK dengan sistem IRT ini, berikut adalah strategi untukmu agar tidak asal-asalan menjawab soal UTBK.


1.      Fokuslah pada Materi Soal yang Kamu Kuasai

Apabila ada soal yang kurang kamu pahami sehingga membuatmu membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikannya, maka sebaiknya lewati saja terlebih dahulu. Namun perlu diingat di sini kamu hanya bisa memberlakukan lompatan menjawab soal hanya dalam sub test yang sama. Apabila kamu melakukan lompatan menjawab soal pada sub test yang berbeda, maka hal ini tidak bisa dilakukan.

2.      Jangan Biarkan Ada Soal yang Kosong

Jangan biarkan ada soalmu yang kosong satu pun dengan alasan kamu tidak paham isi soal tersebut. Sebab pada aturannya tidak ada sistem minus sehingga bisa saja jawaban kamu ada yang benar dari seluruh jawaban yang kamu perkirakan sebelumnya meskipun kamu tidak paham dengan soal tersebut.

BACA JUGA: Bagaimana Sistem Penilaian UTBK ? Sekarang Tidak Ada Sistem Minus

3.      Gunakan Sistem Eliminasi

Apabila ada soal yang tidak kamu pahami, jangan langsung kamu pukul rata semua jawaban hanya pada satu opsi saja. Lebih baik sekiranya untuk meminimalisir kesalahan dalam menjawab soal, gunakan metode eliminasi opsi jawaban yang paling mungkin salah hingga menyisakan yang memiliki kemungkinan benar.


Setelah kamu mengetahui 3 strategi menjawab soal di atas, pastinya kamu tahu, ya bagaimana cara mengerjakan soal UTBK dengan benar dan tepat sasaran. Tidak hanya jawabanya saja yang benar namun kamu juga tahu bagaimana strategi  menjawabnya. Sebab kita tahu bahwa perolehan skor yang akan kita terima nanti bukan murni dari penilaian dari satu orang melainkan dari seluruh peserta UTBK.

Kamu suka nulis artikel? Kirim dan dapatkan uang tunai 250 ribu. Mau? Klik ini.


Artikel Terkait lainnya?

Daftar PTN Jalur Mandiri Yang Memerlukan Nilai UTBK 2022

Berapa Ukuran Cetak Kartu Peserta UTBK 2022?

Jangan Sampai Ketinggalan! Ini Dokumen Yang Wajib Di Bawa Saat UTBK



0 Komentar