Perjalanan Manusia dari Alam ke Alam


MANGGUMEDIA.COM - Manusia memiliki tujuan hidup di dunia ini. Namun, hak tersebut masih kurang, sebab manusia akan ditempatkan di keabadian di akhirat nanti. Secara garis besar, perjalanan hidup manusia dimulai dari alam rahim, alam dunia, alam barzah, dan terakhir alam akhirat yang menjadi sebuah kehidupan dan alam yang abadi.

Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna di antara semua ciptaan yang lainnya. Dalam penciptaannya manusia lebih unggul daripada syaitan, dan malaikat. Sebab manusia memiliki nafsu yang tidak dimiliki oleh malaikat, serta manusia juga memiliki ketaatan yang tidak dimiliki syaitan. Tak hanya itu, manusia juga memiliki perjalanan hidup dari alam ke alam lainnya secara sempurna.

Manusia memiliki empat fase kehidupan yang harus dilalui.


Fase di dalam kandungan (rahim)

Fase rahim adalah proses sunnatullah berjalan untuk menjadi seorang manusia, dari mulai segumpal darah, lalu 40 hari kemudian berbentuk segumpal daging. 40 hari kemudian barulah berbentuk wujud manusia dengan organ-organ manusia, tetapi belum memiliki nyawa (ruh). Setelah proses tersebut berjalan selama masing-masing 40 hari, Allah mengutus kepad malaikat untuk meniupkan ruh ke dalam jasad manusia. Sesuai dengan firman Allah dalam surat shad ayat 72, yang artinya: “Kemudian apabila telah aku sempurnakan kejadiannya dan aku tiupkan roh (ciptaan)-Ku kepadanya, maka tunduklah kamu dengan bersujud kepadanya. Setelah semua telah sempurna selama kurang lebih 9 bulan, Allah mengeluarkan manusia tersebut dari rahim ke alam dunia.

Fase alam dunia

Fase alam dunia merupakan fase semua manusia bebas melakukan apapun yang ingin dilakukannya. Akan tetapi, semua perlakuan manusia memiliki sebuah konsekuensi yang akan dipertanggungjawabkan di alam selanjutnya. Fase dunia merupakan fase dimana Allah memberikan tugas kepada makhluk-Nya dan tujuan Allah Swt. menciptakan makhluk-Nya. Alam dunia diciptakan untuk penentuan manusia apakah manusia tersebut termasuk golongan baik atau golongan yang buruk. Semua tergantung pada diri manusia itu sendiri.

Fase alam barzah

Alam barzah atau biasa disebut dengan alam kubur adalah alam semua manusia ditempatkan setelah ia meninggal dunia. Di alam ini, manusia menunggu datangya hari akhir. Di alam ini, manusia akan didatangi oleh malaikat penjaga kubur. Malaikat akan menanyai tentang keimanan manusia kepada Tuhan, rasul, kitab, serta menanyakan tentang bagaimana ia hidup di alam dunia. Jika semua terjawab dengan baik, maka manusia tersebut termasuk ke dalam golongan baik. Sebaliknya, jika manusia tersebut tidak bisa menjawabnya, maka malaikat akan menyiksanya sampai hari akhir tiba.

Alam akhirat

Alam akhirat adalah alam terakhir dari perjalanan semua alam. Alam akhirat memiliki kehidupan yang abadi, manusia akan abadi setelah masuk ke alam akhirat. Akhirat merupakan penentuan dari segala perbuatan kita di alam dunia, apa yang kita dapatkan nanti di akhirat adalah bagaimana kehidupan kita di dunia sebelumnya. Jika manusia tersebut memiliki amal keburukan yang lebih banyak, maka manusia tersebut akan dilemparkan ke dalam neraka dengan siksaan yang sangat pedih, dan menyedihkan. Lalu, jika manusia tersebut adalah orang yang taat, baik hati, rajin ibadah, maka manusia tersebut akan dimasukkan ke dalam surga-Nya dan abadi di dalamnya dengan segala kenikmatan yang belum pernah dirasakan.

Itulah perjalanan manusia dari alam ke alam lainnya, semua manusia pasti melalui jalan yang sama. Sebagai manusia yang dibekali akal yang sehat, manusia dituntut untuk berfikir akan keselamatannya di dunia maupun di akhirat. Siapkan semua perbekalan amal selagi masih diberi umur, untuk menghindari kekecewan di masa yang akan datang.



 

0 Komentar