Senin, 07 Februari 2022

Contoh Kajian Sosiologi Dalam Kehidupan Sehari-hari

 


Dalam kehidupan kita sehari-hari sebenarnya banyak kejadian yang menggambarkan tentang kajian sosiologi. Dan, kalau kita catat sepanjang hari dalam kehidupan kita tentu akan berkaitan dengan contoh kajian sosiologi. Kalau mau…!!! Namun, terkadang kita tidak sadar dan jika diminta untuk memberikan contoh kasus mengenai kajian sosiologi sulis sekali mencarinya. Padahal yang kita alami selama 24 jam tentu merupakan contoh kasus yang berkaitan dengan kajian sosiologi. Ketika kita berada di lingkungan pekerjaan, tentu akan berinteraksi dengan orang lain di lingkungan kita bekerja. Begitu juga pada saat kita sudah pulang ke rumah. Tentu kita akan berinteraksi dengan anggota keluarga yang lainnya.

BACA JUGA : Buku Memiliki Aroma Yang Khas

Jika kita berbicara mengenai kajian ilmu sosiologi, tentu memiliki peran dan andil besar dalam kehidupan bermasyarakat. Objek kajian tentang sosiologi sangatlah luas. Begitu juga dengan penerapannya, sosiologi menjangkau bidang-bidang kehidupan yang sangat luas. Artinya, semua sisi dalam kehidupan manusia dapat menjadi bidang penerapan sosiologi. Jangan lupa, pengetahuan sosiologi sangat penting untuk kita miliki. Karena, jika kita miliki maka akan dapat membantu dan mempermudah setiap kita dalam menjalankan perannya di masyarakat.

Agar pengetahuan kita tentang sosiologi semakin luas dan terbuka lebar, mari kita simak contoh-sontoh dari kehidupan sehari-hari:

 


1. Kerja bakti

Coba kita perhatikan di lingkungan tempat kita tinggal. Sewaktu-waktu, baik seminggu sekali maupun sebulan sekali, masyakarat suka melakukan kerja bakti di lingkungannya. Kerja bakti yang dilakukan biasanya berupa pembersihan selokan dari sampah. Pembersihan selokan tersebut dimaksudkan agar air yang mengalir tidak tersumbat. Ada juga yang kerja bakti dalam hal pengecoran jalan. Ini dimaksudkan agar jalan yang sering kita lewati baik. Kalau baik kan nyaman makenya. Banyak lagi bentuk kerja bakti yang dilakukan oleh warga di lingkungan tempat kita tinggal. Coba perhatikan…!!!

2. Ronda

Ada ronda ga di lingkungan Anda? Jangan-jangan sudah tidak lagi peduli terhadap keamanan dan kenyamanan lingkungan Anda sendiri. Kalau tidak ada, tanya deh sama Pak RT atau Pak RW-nya. Kalau bisa Anda usulkan saja.

Fungsi ronda adalah salah satu bentuk perhatian warga masyarakat terhadap lingkungannya dari berbagai gangguan. Seperti maling dan niat jahat lainnya dari orang-orang yang niat dan ingin melakukan kejahatan. Ronda juga sangat bermanfaat untuk membantu warga yang kena musibah, seperti ada warga yang meninggal, adanya rumah yang kebakaran, dan lain sebagainya. Intinya, ronda sangat banyak manfaatnya sebagai penjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan.

Ronda biasanya dilakukan di malam hari. Ronda dijalankan di pos yang sudah disediakan dan dibuat oleh warga. Ronda dilakukan secara bergantian dari seluruh warga di lingkungan kita. Sehingga setiap malam ada bagian ronda yang berbeda-beda. Maka di sini ada jadwal ronda yang digilir sesuai hasil kesepakatan warga pada rapat RT/RW. Biasanya jadwal ronda pada setiap keluarga adalah satu minggu sekali.

Itu merupakan sebagian kecil contoh kajian sosiologi yang bisa kita temuan di lingkungan kita sendiri. Sebenarnya kalau dibahasn mengenai contoh-contoh kajian sosiologi pastinya banyak. Dan, tidak mungkin bisa semuanya dibahas di sini. Nah, untuk melatih Anda, coba cari contoh-contoh kajian sosiologi yang bisa Anda temukan di sekitar tempat tinggal Anda atau tempat kerja Anda. Jika dapet, bisa kamu tulis di kolom komentar artikel ini.



Previous Post
Next Post

Manggumedia adalah media online referensi kaum kuliahan yang menyajikan artikel-artikel yang sedikit intelek namun tetap segar dan merangsang.

0 comments: