Senin, 07 Februari 2022

Buku Memiliki Aroma yang Khas, Apa Penyebabnya ?

 


Ketika membeli buku lama maupun baru pasti akan tercium aroma khas dari buku tersebut. Aroma buku tersebut dinamakan bibliosmia yang diambil dari bahasa Yunani yang artinya buku, bau, atau aroma.

Aroma buku tersebut ada karena kertas yang terbuat dari kayu diolah dengan berbagai bahan dan senyawa kimia, sehinggan dapat menghasilkan aroma yang khas.

BACA JUGA : Paradigma Baru Pemasaran Internasional

Berbagai kandungan yang ada pada kertas buku yaitu zat selulosa dan lignin yang merupakan kandungan alami, serta bahan kimia lainnya, termasuk benzaldehida, vanilin, etil heksanaol, toluena dan etil benzena.

Pada buku tua aroma khas terjadi karena kerusakan bahan kimia tadi, Semakin tua usia buku, maka aroma bibliosmia akan semakin kuat. Sedangkan pada buku baru aroma khas berasal dari bahan kimia seperti tinta dan bahan perekat atau lem yang digunakan untuk membuat buku.


Aroma yang dimiliki setiap buku tentunya berbeda-beda, tergantung bahan utama dan tambahan bahan-bahan kimia yang digunakan untuk membuat kertas tersebut. Contohnya aroma kertas koran dan kertas buku berbeda karena koran mengandung lignin jauh lebih sedikit dibandingkan buku, koran tidak dibuat dari kayu melainkan dari kapas dan bahan lainnya.


Suka baca buku baru yang menambah wawasan dan menarik ? kunjungi marketplace kami untuk update buku buku baru di penerbitmanggu.co.id


Previous Post
Next Post

Manggumedia adalah media online referensi kaum kuliahan yang menyajikan artikel-artikel yang sedikit intelek namun tetap segar dan merangsang.

0 comments: