Tips Belajar UTBK 2022 Tembus Perguruan Tinggi




MANGGUMEDIA.COM - Para pejuang PTN mesti bersiap-siap menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi atau UTBK. Pasalnya tidak mudah menghadapi ujian ini tanpa dibarengi dengan kesungguhan tekad dan perbuatan.

Belajar yang rajin bukan berarti harus belajar setiap hari hingga berjam-jam di depan meja belajar. Kita mesti tahu bagaimana tips belajar yang efektif untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal.

Lalu bagaimana cara belajar yang efektif itu? Berikut akan kita bagikan 4 tipsnya.

 
1. Ubah Mindset Pejuang

Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum memulai belajar yaitu mengubah mindset. Pola pikir seseorang terhadap sesuatu akan sangat berpengaruh pada tindakan yang akan dilakukan. Kalian mesti memiliki mindset yang benar dan tekad yang kuat agar upaya belajar bisa terus tertompa bahkan ketika merasa lelah sekalipun.

2. Atur Jam Belajar Senyaman Mungkin

Dikutip dari Kompas, waktu belajar yang ideal adalah ada pada jam 10 pagi sampai 2 siang atau pukul 4 sore sampai 10 malam. Namun begitu kalian dapat menentukan sendiri jam belajar kalian. Aturlah jam belajar senyaman mungkin dengan waktu yang cukup agar bisa fokus tanpa mengganggu aktivitas lainnya.

3. Sering Latihan dan Evaluasi

Latihan dapat menjadikanmu semkain mahir dalam menjawab soal dan memecahkan persoalan. Sebagai saran, mulailah latihan menjawab soal dari yang mudah baru kemudian soal yang tersulit.
Mau tau caranya belajar dengan efektif ? Baca buku ini.  
Penting pula untuk mengevaluasi terhadap hasil belajar yang telah dilakukan. Dengan begitu kalian bisa mengoreksi kekeliruan pengerjaan hingga dapat meminimalisir kesalahan yang terjadi.

4. Berikan Reward atas Pencapaian Belajar

Ucapkanlah terima kasih kepada diri yang sudah mau bekerja keras belajar dengan cara memberikan reward. Reward tidak harus besar dan berharga mahal, kalian bisa mendapatkannya dengan cara sederhana seperti membeli makanan kesukaan, pergi keluar bersama teman atau melakukan hal-hal yang menurut kalian seru dan mengasyikkan.

BACA JUGA: Berapa Ukuran Cetak Kartu Peserta UTBK 2022?


Sumber Gambar: ut[dot]ac[dot]id




0 Komentar