Kuliah Jurusan Bahasa, Ini Yang Akan Kamu Pelajari

 


MANGGUMEDIA.COM -- Bahasa merupakan elemen komunikasi yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Mempelajari bahasa tidak hanya sebatas mampu mengeja huruf demi huruf saja. Sebab ilmu bahasa memiliki lingkup bahasan yang sangat luas dan mendalam. Kamu bisa mempelajarinya dengan memilih jurusan bahasa di bangku perguruan tinggi.

Kamu akan banyak mempelajari seluk beluk dunia bahasa diantaranya pembahasan tentang ilmu fonologi, morfologi, sintaksis dan semantik. Lalu apa saja hal yang akan kamu pelajari dari beberapa bagian ilmu bahasa ini? Berikut adalah beberapa bahasan yang akan kamu pelajari di dalam jurusan bahasa.

1. Belajar Bunyi Bahasa dan Fonologi

Fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi dalam bahasa. Ilmu Fonologi bisa dikatakan sebagai ilmu paling dasar dalam kajian ilmu linguistik. Sebelum mempelajari pembentukan kata, kamu biasanya akan mempelajari ilmu fonologi terlebih dahulu. Contohnya, ketika kita mempelajari kata “apel”, maka ada dua makna yang akan kita ketahui yakni bisa bermakan  jenis buah atau bermakna upacara.

2. Morfologi

Berbeda dengan ilmu morfologi yang kita temui dalam kelas biologi. Morfologi dalam jurusan bahasa mempelajari tentang pembentukan kata beserta seluk beluk kata dasar dan turunan. Pelajaran ini bisa dibilang cukup rumit sebab nanti akan dipelajari struktur kata dengan sangat dalam. Namun jangan khawatir, meskipun rumit pelajaran ini terbilang seru dan menyenangkan.

BACA JUGA:

Jurusan Kuliah Ini Sepi Peminat Padahal Peluang Kerja Besar, Yakin

3. Sintaksis

Pada bagian ini kamu akan mempelajari terkait tata kalimat atau gabungan unsur sintaksis. Unsur sintaksis ini meliputi frasa, kata dan klausa. Kamu juga akan belajar bagaimana  menganalisis struktur kalimat sebagaimana seorang peneliti. Bahasan seperti subjek, predikat dan objek tentu juga akan ketahui lebih jauh di dalam jurusan ini.

4. Semantik

Bagian pelajaran ini kamu akan diajarkan bagaimana menelaah bahasa. Dalam artian kamu akan menganalisis konsep dengan lambang bahasa yang dirujuk. Berdasarkan objek penelitiannya, ada empat macam yang akan kamu pelajari yakni semantik gramatikal, semantik sintaksikal, semantik leksikal, dan semantik maksud.

Artikel Terkait Lainnya:

0 Komentar