Kenalan Sama Jurusan Aktuaria, Langka Namun Banyak Perusaahaan yang Naksir

 

MANGGUMEDIA.COM -- Mendengar kata arsitektur, akuntan, atau perawat mungkin sudah biasa. Namun bagaimana dengan kata ‘Aktuaria’? Tentu tidak semua orang akan mengenalnya. Ya, Aktuaria atau Aktuaris ini merupakan salah satu profesi yang termasuk langka di zaman ini.

Akan tetapi, siapa sangka bahwa seorang aktuaris kerap menjadi incaran banyak perusahaan. Mengapa bisa begitu? Nah, dari pada penasaran lebih baik kita kenalan dulu sama jurusan Aktuaria ini. Kalau saja kamulah seorang Aktuaris itu.


Apa itu Aktuaria?

Aktuaria adalah ilmu yang mempelajari asuransi, pengelolaan resiko keuangan di masa yang akan datang. Ilmu Aktuaria merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, statistika, matematika, keuangan, dan pemograman komputer. Oleh karena itu bidang studi Aktuaria kerap kali disebut sebagai matematika asuransi.

BACA JUGA: 10 Jurusan Kuliah Banjir Peminat, Kamu Termasuk Yang Mana?

Bagaimana Peluang Karir Seorang Aktuaris?

Seorang Aktuaris memegang peranan penting dalam perusahaan asuransi dan keuangan. Semenjak ada peraturan pemerintah yang mewajibkan setiap perusahaan asuransi mempunyai minimal seorang Aktuaris. Kebutuhan akan seorang Aktuaris makin meningkat.

Akan tetapi, sayangnya jumlah Aktuaris di Indonesia masih sangat sedikit. Hal ini berbanding terbalik dengan kebutuhan perusahaan asurasnsi yang memerlukan beberapa bahkan puluhan Aktuaris. Melihat jumlah Aktuaris yang masih sedikit sedangkan lowongan pekerjaan semakin luas, mungkin kamu bisa berpikir dua kali untuk segera mengambil jurusan ini sebagai pilihan jurusan perkuliahan.

Berikut 6 Perguruan Tinggi yang Memiliki Jurusan Aktuaria beserta Daya Tampung SBM-PTN Tahun 2019

No.

Nama Perguruan Tinggi

Daya Tampung SBMPTN 2019

1

Institut Pertanian Bogor (IPB)

27 kursi

2

Universitas Indonesia (UI)

20 kursi

3

Institut Teknologi Bandung (ITB)

180 kursi

4

Universitas Padjadjaran (UNPAD)

35 kursi

5

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

32 kursi

6

Universitas Gadjah Mada (UGM)

18 kursi

Bagaimana apa kamu berminat mengambil jurusan Aktuaria ini? Demikian informasi kali ini semoga bisa menambah wawasana bagi kamu yang masing ragu atau pun bingung dalam menentukan jurusan kuliah, ya.

Artikel Terkait Lainnya:


0 Komentar