Jurusan Ini Hanya Ada Satu-satunya di Seluruh Kampus Indonesia, Berminat?

Ilustrasi oleh twitter unair

Universitas Airlangga (Unair) merupakan universitas terbaik di Jawa Timur. Tahukah kamu? Universitas Airlangga ternyata memiliki jurusan yang tidak dimiliki oleh kampus manapun. Jurusan ini ada di Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin dengan nama jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan serta Rekayasa Nanoteknologi yang dibuka pada 2020 lalu.

Kedua jurusan ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang tertarik di bidang teknologi. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan mempelajari tentang robot dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Prodi ini merupakan penggabungan dua jurusan yang terinspirasi dari universitas top di luar negeri dan daya serap di industri.

BACA JUGA : Inilah Strategi Sukses Membangung Bisnis Di E-Commerce

“Sementara Rekayasa Nanoteknologi mempelajari materi berukuran nano atau sangat kecil dan materi ini kemudian dimanipulasi agar tercipta benda baru dengan karakteristik sesuai keinginan," seperti dikutip dari akun Instagram Unair, Jumat (14/1/2022).

Dilansir dari Detikcom Dosen Nanoteknologi, Tahta Amrillah, S.Si., M.Sc., Ph.D beberapa waktu lalu menjelaskan penerapan nanoteknologi sudah digambarkan di film fiksi superhero Ant-Man dan Ironman.

"Bagaimana membuat nanopartikel dengan menggunakan bahan-bahan organik mikroorganisme, membuat partikel nano emas melalui reaksi kimia, membuat plant tissues, dan membuat ekstrak tumbuhan lebih kecil," ujarnya.

"Di bidang farmasi, partikel nano dapat dijadikan pengantar obat (drug delivery) untuk membunuh sel kanker. Adapun di bidang sensor ada screen printed electrode," katanya.

Salah satu hasil dari nanoteknologi adalah nanofiltrasi yaitu membuat air yang kotor menjadi bersih dan dapat diminum.

0 Komentar