Jangan Sia-Siakan Masa Kuliah, Inilah 4 Hal Penting Yang Harus Kamu Lakukan Selama Kuliah


MANGGUMEDIA.COM -- Masa kuliah adalah masa-masa yang penuh dengan perjuangan. Akan tetapi tidak sedikit pula orang yang malah membuang-buang kesempatan kuliahnya untuk bersenang-senang. Padahal meraih pendidikan dan menyandang gelar mahasiswa belum tentu semua orang berkesempatan untuk mendapatkannya.

Lebih baik sebelum menyesal kemudian kamu mestinya memanfaatkan waktu kuliahmu dengan melakukan hal-hal penting dan bermanfaat. Berikut adalah rekomendasi hal-hal penting yang bisa kamu lakukan.

1. Mengembangkan Diri

Masa kuliah merupakan fase yang pas untuk kamu mengembangkan diri. Selain menumbuhkan IPK, akan lebih baik kamu juga mengembangkan ilmu dan potensi di dalam dirimu. Misalnya dengan mengikuti seminar, mengikuti kompetisi, banyak membaca buku dan banyak lagi.

BACA JUGA: Serba-Serbi Kuliah Jurusan Ilmu Komputer

2. Bangun Relasi Yang Positif


Ketika kamu kuliah sebaiknya kamu jangan asal-asalan pilih teman pergaulan. Sebab hal ini akan berpengaruh pada pembentukan karaktermu kelak. Kualitas seseorang bisa diukur dari lingkungan pergaulannya. Oleh karena itu pilihlah teman pergaulan yang positif yang bisa menunjang masa depanmu lebih baik ke depannya.

3. Cari Pengalaman

Pengalaman adalah guru terbaik yang ada di dalam kehidupan. Begitu kurang lebih kata-kata bijak yang sudah sering kita dengar ini. Kamu yang masih berkuliah wajib banget mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.

Bisa dari kegiatan dalam dan luar kampus, ikut magang, jadi relawan dan banyak lagi lainnya. Hanya saja kamu juga harus pandai dalam memilih organisasi sebab bisa jadi karena tidak cocok kamu malah mendapatkan lebih banyak dampak negatifnya dari positifnya.



4. Tentukan Tujuanmu Lebih Spesifik

Setiap orang tentu menginginkan sesuatu dari kuliah yang mereka jalani termasuk kamu. Ada yang ingin membahagiakan orang tua, mendapatkan pekerjaan impian dan sebagainya. Untuk lebih mudah menggapai apa yang menjadi tujuanmu sangat baik bagi kamu untuk menentukan perincian setiap langkah-langkahmu. Misalnya kapan kamu harus menyelesaikan program sarjana, skill apa saja yang harus kamu kuasai dan di mana kamu mendapatkannya.


Artikel Terkait Lainnya: 

0 Komentar