Orientasi Bisnis dalam Islam

 


MANGGUMEDIA.COM - Setiap sendi kehidupan manusia tidak telepas dari aktivitas sosial. Aktivitas tersebut tidak semata-mata hanya sebatas aktivitas biasa. Tentu semua aktivitas sosial dalam keidupan manusia mengarah pada aktivitas ekonomi.

Dari sebagian aktivitas ekonomi yang dijalankan oleh setiap individu manusia tentu mengarah pada aktivitas bisnis. Aktivitas tersebut mengarah pada sesuatu usaha manusia dalam mencari rezeki dengan cara berdagang. Aktivitas berdagang yang dijalankan manusia berpatokan pada tiga kegiatan utama, yaitu: jasa, barang, dan produksi. Ketiga kegiatan, seorang pedagang atau pebisnis pasti akan memilih salah satu dari ketiga kegiatan tersebut. Atau, bahkan ada juga yang melakukan bisnis dengan menjankan 2 kegiatan dari ketiga kegiatan tersebut.

BACA JUGA:

1. Apa Itu Berbisnis Atau Berdagang? Begini Pengertiannya Menurut Kamus Dan Pakar

2. Islam dan Bisnis

Bagi setiap muslim diwajibkan untuk mencari rezeki yang telah Allah turunkan. Kewajiban muslim adalah mencarinya. Sementara hasilnya bukan kewajiban muslim. Hasil apapun dari jerih-payah seorang muslim dalam bekerja sebagai bentuk usaha mencari rezeki adalah sepenuhnya diserahkan kepada Allah Swt.

Kewajiban seorang muslim dalam berusaha mencari rezeki dikarenakan bahwa Islam menganjurkan kepada umatnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dari usahanya sendiri.

MAU TAU BISNIS PETERNAKAN AYAM?

Jangan lupa juga, bahwa Islam menganjurkan kepada umatnya untuk memperhatikan aspek kehalalannya. Kehalalan rezeki yang dimaksud adalah halal atau dengan cara benar dalam mencari rezekinya, juga dalam cara menggunakan rezeki yang sudah diperoleh tersebut. Hal ini penting bagi umat Islam. Karena bagaimanapun apa yang kita peroleh dan yang kita gunakan pastinya ada petanggungjawabannya di hadapan Allah Swt.

Orientasi bisnis dalam Islam bertujuan untuk mencapai empat hal utama, yaitu: pertama, target hasil: profit materi dan profit nonmateri. Kedua, pertumbuhan. Ketiga, keberlangsungan. Keempat, keberkahan.

Referensi:

Joni Hendra, dkk., Etika Bisnis Islam, (Bandung: Penerbit Manggu Makmur Tanjung Lestari, 2018)

0 Komentar