Apa itu Berbisnis atau Berdagang? Begini Pengertiannya Menurut Kamus dan Pakar

 


MANGGUMEDIA.COM-Siapa pun bisa berbisnis atau berdagang, asal ia memiliki keinginan kuat atau bercita-cita menjadi pebisnis atau pedagang.

Jika tak memiliki niat atau keinginan kuat untuk menjadi pebisnis ataupun pedagang, maka tidak mungkin ia menjadi sesuatu yang diharapkannya.

Agar tidak salah paham dengan kata "berbisnis atau berdagang", maka perlu diuraikan makna serta pengertiannya.

Siapa tahu, orang yang tadinya tidak tahu atau kurang memahami tentang arti kata "berbisnis" atau "berdagang" mereka akan segera tahu dan paham.

Lalu, apa sebenarnya pengertian berbisnis atau berdagang itu? Apakah keduanya memiliki makna yang sama atau berbeda sama sekali?

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa pengertian berbisnis atau berdagang menurut buku Akhlak & Etos Kerja Islam untuk Membangun Bisnis yang Rahmatan Lil Alamin karya Yan Orgianus.

BACA JUGA:

Inilah Dalil Al Quran Dan Hadis Mengenai Berbinis Atau Berdagang Yang Wajib Diketahui

Menurut Kamus Al-Munawwir, istilah berbisnis atau berdagang biasa disebut tijarah yang berarti akad perdagangan; mempertukarkan barang dagangan dengan mata uang menurut cara yang ditentukan.

Atau mempertukarkan harta dengan harta menurut cara yang ikhlas dan bermanfaat serta dibolehkan oleh syariah.

Pun tijarah berarti semua bentuk akad yang ditujukan untuk mereview tujuan komersial, yaitu akad yang ditujukan untuk memperoleh keuntungan.

Sedangkan Hunt dan Urwick mendefinisikan berbisnis sebagai segala aktivitas perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan

Atau menyediakan berbagai barang atau jasa yang dibutuhkan oleh anggota masyarakat serta bersedia dan mampu dalam membeli atau membayarnya.

Bagaimana dengan pengertian berdagang? Yan Orgianus melanjutkan bahwa berdagang adalah berjual beli atau berniaga yang dapat dilakukan perorangan atau badan usaha yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan.

Dari pengertian berbisnis dan berdagang dapat disimpulkan bahwa kedua kata tersebut memiliki pengertian yang hampir sama. Kenapa?

Karena ciri dan tujuan keduanya tak berbeda: membeli dan menjual barang atau jasa untuk memperoleh  profit.

Referensi:

Akhlak dan Etos Kerja Islam karangan Dr. H. YanOrgianus, Ir., M.Sc (Penerbit Manggu)


Mau Beasiswa?

0 Komentar