Inilah Dalil Al Quran dan Hadis Mengenai Berbinis Atau Berdagang Yang Wajib Diketahui

 


MANGGUMEDIA.COM - Tak sedikit dalil, baik dari Al Quran maupun hadis yang mengulas tentang berbisnis atau berdagang serta keutamaannya.

Banyaknya petunjuk Allah dan Rasulullah Saw mengenai bisnis atau dagang tersebut menandakan bahwa kegiatan tersebut termasuk perbuatan mulia.

Nabi Muhammad Saw lebih dari 20 tahun menjadi pebisnis. Karena itu, siapa pun yang mengikuti jejak beliau, ia termasuk hamba yang menjalankan salah satu sunnahnya.

BACA JUGA:

Sahabat suami Khadijah RA itu, yang juga sang Khalifah, Umar ibn Khattab pun bahkan meminta kaum Muslim untuk berperan aktif menjadi pedagang atau pebisnis. Kenapa?

Sebab, kata khalifah kedua dalam sejarah Islam itu, jika umat Islam tak mengisi pasar bisnis, maka perekonomian akan dikuasai oleh orang lain dan akibatnya bisa buruk.

Sang sahabat Rasul ini berkata,”Demi Allah, sungguh jika kamu meninggalkan pasar (tidak ikut berbisnis atau berdagang), niscaya  kaum lelaki kamu akan tergantung kepada kaum lelaki mereka, dan kaum perempuan kamu akan tergantung kepada  kaum perempuan mereka. Dan hampir dipastikan (suatu ketika) mereka (dapat) menolak memberi bantuan (memboikot atau tidak menjual barang dagangannya) kepadamu.” (Al Haritsi, 2003).

Untuk mendukung betapa krusial dan pentingnya berbisnis atau berdagang, berikut dalil-dalil Al Quran dan hadis mengenai itu:

1.       Surat Al Baqarah ayat 254

 “Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi syafaat. Dan orang-orang kafir itulah orang-orang yang zalim.

 2.      Surat Al Baqarah ayat 275

 '”... Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.''

 3.      Surat At Taubah ayat 111

 ''Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh.

 (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil, dan Al Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka, bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar.''





 4.      Surat An Nisa ayat 29

 “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka di antara kamu.”

 5.      Surat Al Baqarah ayat 198

 “Tidaklah dosa bagi kalian untuk mencari keutaman (rezeki) dari Rabbmu…” (ayat ini khusus berhubungan dengan perniagaan, terutama pada musim haji).

 6.       Surat Al Maidah ayat 1

 “Hai orang-orang yang beriman, penuhilah aqad-aqad itu.”

 Sedangkan dalil dari hadis mengenai berbisnis atau berdagang, yakni:

 1.      “Sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada dalam perdagangan.” (HR Ibnu Hibban)

 2.      Rafi ibn Khadij RA berkata: Seseorang bertanya, “Penghasilan apakah yang paling baik, Wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Penghasilan seseorang dari jerih payah tangannya sendiri dan setiap jual beli yang mabrur (baik).” (HR Ahmad yang terdapat di dalam Al-Musnad no.16628)

 3.      Abu Said Al Khudri RA Rasulullah Saw bersabda: “Pedagang yang jujur dan amanah akan bersama para nabi, orang-orang yang selalu jujur dan orang-orang yang mati syahid.” (HR Tirmidzi, di dalam Kitab Al Buyu nomor 1130)



Itulah dalil-dalil dari Al Quran maupun hadis mengenai berbisnis atau berdagang. Untuk mengetahu lebih lengkap dan jelas tentang berbisnis dan bagaimana Islam mengatur soal permasalahan tersebut, bisa dibaca di buku Akhlak dan Etos Kerja Islam karangan Dr. H. Yan Orgianus, Ir., M.Sc yang diterbitkan oleh Penerbit Manggu.

0 Komentar