Islam dan Bisnis

 


MANGGUMEDIA.COM - Islam diturunkan Allah SWT. sebagai petunjuk hidup manusia. Tidak heran jka dalam Islam tidak ada pemisahan aspek kehidupan manusia. Semua bidang kehidupan manusia sudah diatur dalam Islam. Kehidupan yang berkaitan dengan sosial, ekonomi, politik, hkum, ibadah, dan berbagai sendi kehdupan manusia lainnya. Bahasa kerennya komprehensif. Mencakup semua aspek kehidupan.

Dalam berbisnis, Islam sudah mengatur secara detil dan rinci. Bahkan sejak awal Islam diturunkan, berbisnis sudah dijalankan oleh Rasulullah dan para sahabatnya. Dari situ semua tata cara bisnis yang baik dan benar ditunjukan.

BACA JUGA:

Sebagai seorang muslim, bisnis adalah sarana ibadah. Dengan berbisnis, seorang muslim sedang berusaha meraih rezeki dengan cara baik dan benar untuk atau dalam rangka menafkahi diri dan keluarganya. Bukan Cuma itu, melalui bisnis juga seseorang bisa berbuat baik kepada orang lain, berupa sedekah, zakat, menjalankan ibadah haji, dan banyak lagi kebaikan yang bisa dilakukan.

Salah satu syarat penting dalam berbisnis bagi seorang muslim adalah tawakal. Berbisnis diniatkan dengan penuh keyakinan hanya semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT. Karena, mencari atau berikhtiar dalam mencari rezeki adalah harus. Sementara hasilnya pasti akan dikembalikan kepada pemberi rezeki, yaitu Allah SWT. Dan, harus yakin juga bahwa pada saat kita berusaha dengan maksimal dan dibarengi dengan doa, tentu hasilnyapun akan maksimal juga. Yakin kepada Allah bahwa usaha yang dijalankan dengan maksimal akan meraih hasil yang maksimal pula. Tapi ingat! Usaha yang maksimal tersebut harus dijalankan dengan cara yang baik dan benar.

Berbisnis dengan cara yang baik dan benar berkaitan dengan etika bisnis. Dalam Islam sendiri ada yang namanya etika bisnis. Sebagaimana sudah disinggung di atas, bahwa Rasulullah sendiri mencontohkan bagamana menjalankan bisnis dengan etika yang baik.

Berbicara mengenai Etika bisnis dalam Islam, ada nih buku yang berjudul Etika Bisnis Islam karya Joni Hendra, dkk. terbitan Penerbit Manggu. Di dalamnya dibahas secara detail rinci dan mudah dipahami mengenai bagaimana etika bisnis dalam Islam. Bagi Anda seorang muslim yang ingin dan sedang menjalankan bisnis dan ingin bisnisnya mendapatkan keberkahan dunia dan akhirat, tentu buku tersebut sangat relevan untuk Anda baca sebagai acuan atau pegangan dalam berbisnis.



Referensi:

Joni Hendra, dkk., Etika Bisnis Islam, (Bandung: Penerbit Manggu Makmur Tanjung Lestari, 2018)




0 Komentar