Pengertian Manajemen Risiko yang Harus Anda Ketahui Agar Bisnis Lancar

 


MANGGUMEDIA.COM - Manajemen risiko sebagai salah satu aktivitas terpenting dalam bisnis. Bagi Anda yang sedang dan akan menjalankan bisnis, tentu perlu sekali untuk mempelajari manajemen risiko. Jangan lupa untuk mempelajarinya. Karena, itu untuk kepentingan Anda sendiri.

Sebelum mengurai mengenai pengertian manajemen risiko, tentu terlebih dahulu Anda harus mengetahui apa itu manajemen. Karena, dari pengertian manajemen risiko, ada dua kosa kata sekaligus komponen. Yaitu, kata/komponen “manajemen” dan “risiko”. Keduanya memiliki pengertian dan makna yang berbeda dengan tujuan dan maksud yang berbeda.

BACA JUGA:

Tujuan Manajemen Risiko

Manajemen adalah sebagai suatu tindakan yang dilakukan. Tujuannya, memaksimalkan sumber daya yang ada hingga bisa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Tindakan yang dimaksud adalah tindakan yang dimulai dari masukan (input), proses, hingga menghasilkan suatu luaran (output).

Menurut Stoner J.A.F., manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian kegiatan anggota organisasi dengan menggunakan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Intinya, manajemen berkaitan dengan proses keilmiahan yang berkaitan dengan tahapan: merumuskan suatu masalah, membuat model penyelesaian masalah, mengukur dan mendapatkan hasil dari suatu masalah, dan menghasilkan model dan hasil yang didapat.

Sementara pengertian risiko secara harfiah adalah potensi terjadinya sesuatu yang berdampak buruk, baik bagi diri sendiri atau suatu entitas usaha. Sedangkan menurut Gatot Iwan Kurniawan dan Mirza H. Yuneline, risiko adalah suatu kejadian di masa yang akan datang akibat dari kondisi ketidakpastian yang memberikan dampak kerugian/negatif bagi yang mengalaminya sebagai bentuk dari proses pengambilan keputusan saat ini.

PROGRAM BEASISWA 2022: KLIK DI SINI!

Dari pengertian kedua komponen di atas, bisa dipahami bahwa komponen tersebut memiliki makna yang sangat penting bagi kehidupan kita. Karena, masing-masing komponen memiliki tujuan dan fungsi masing-masing. Manajemen merupakan sistem atau model pengelolaan terhadap kegiatan yang dilakukan. Sehingga, model atau sistem pengelolaan yang dimaksud dapat memperlancar kegiatan dan mudah dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Sedangkan risiko merupakan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dalam suatu kegiatan atau tindakan yang diambil. Sehingga, ketika risiko tersebut mampu kita prediksi dengan baik, kegiatan dan hasil yang diinginkan akan berjalan mulus dan risiko yang mungkin terjadi bisa diatasi atau diminimalisir dengan baik.

Ketika dua komponen tersebut disatukan menjadi suatu kalimat, yaitu manajemen risiko, memiliki makna khas atau khusus. Manajemen yaitu sistem pengelolaan kegiatan. Risiko yaitu kemungkinan suatu kejadian atau hasil negatif dari akibat tindakan yang dilakukan. Secara sederhana, manajemen risiko yaitu sistem pengelolaan kegiatan terhadap kemungkinan-kemungkinan suatu kejadian atau hasil negatif yang diakibatkan dari suatu aktivitas atau tindakan yang dilakukan. Manajemen risiko bisa juga diartikan bahwa sistem pengelolaan terhadap kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dari tindakan yang dilakukan. Terutama kemungkinan yang bersifat negatif.

LOMBA NULIS ARTIKEL

Menurut Milton C Regan, manajemen risiko adalah penerapan beragam kebijakan dan prosedur untuk meminimalisasi peristiwa yang menurunkan kapasitas dan kualitas kerja perusahaan. Sementara itu, menurut Noshworthy, manajemen risiko adalah usaha mengurangi risiko dalam proses pelaksanaan teknis dan pengambilan keputusan bisnis.

Intinya, manajemen risiko adalah sebuah proses mengawasi, mengelola, dan mengambil keputusan guna menghindari risiko kerugian atau inefisiensi bisnis.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang pengertian manajemen risiko. Manajemen risiko sebagai salah satu aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dari proses bisnis. Pastikan Anda terus mempelajarinya ya!


Referensi: Gatot Iwan Kurniawan dan Mirza H. Yuneline, Manajemen Risiko; Penerbit Manggu Makmur Tanjung Lestari, Bandung


Artikel Terkait Lainnya:


0 Komentar