Definisi Risiko Menurut Para Ahli

MANGGUMEDIA.COM - Banyak pengertian risiko yang diungkapkan oleh para ahli. Tentu ungkapan mengenai pengertian risiko tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan kepada kita dalam menerjemahkan risiko. Tentu setiap orang bebas mendefinisikan risiko berdasarkan pandangan dan pemikiran masing-masing. Namun, untuk menambah wawasan pengenai pengertian riskio menurut para ahli, kiranya perlu untuk disimak dan dipelajari lebih dalam dan sempurna. Untuk itu, pada artikel ini akan disampaikan mengenai pengertian risiko dari berbagai pandangan para ahli.

Menurut Arthur J. Keown, risiko adalah prospek suatu hasil yang tidak disukai. Sedangkan menurut Hanafi, risiko merupakan besarnya penyimpangan antara tingkat pengembalian yang diharapkan (expected return –ER) dengan tingkat pengembalian aktual (actual return).

BACA JUGA: Tujuan Manajemen Risiko

Menurut Arthur Williams dan Richard, M.H., risiko adalah suatu variasi dari hasil-hasil yang dapat terjadi selama periode tertentu. Sedangkan menurut A.Abas Salim, risiko adalah ketidakpastian (uncertainly) yang mungkin melahirkan peristiwa kerugian.

Menurut Soekarno, risiko adalah ketidapastian atas terjadinya suatu peristiwa. Risiko, menurut Herman Darmawi, adalah penyebaran/penyimpanan. Sedangkan menurut Herman Darmawi, risiko adalah sesuatu hasil (outcome) yang berbeda dengan yang diharapkan.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Atau Meminimalisir Terjadinya Risiko

Beda halnya yang diungkapkan oleh Prof. Dr. Ir. Soemarno, M.S., risiko adalah suatu kondisi yang timbul karena ketidakpastian dengan seluruh konsekuensi tidak menguntungkan yang mungkin terjadi. Menurut Isto, risiko adalah bahaya yang dapat terjadi akibat sebuah proses yang berlangsung atau kejadian yang akan datang. Sedangkan menurut Subekti, risiko adalah kewajiban memikul kerugian yang disebabkan karena suatu kejadian di luar kesalahan salah satu pihak. Sedangkan menurut Sri Redjeki Hartono, risiko adalah suatu ketidakpastian di masa yang akan datang tentang kerugian.

Menurut Martono dan Agus Harjito, risiko adalah penyimpangan hasil (return) yang diperoleh dari rencana hasil (return) yang diharapkan. Sedangkan menurut Ferdinand Silalahi, risiko adalah penyimpangan hasil aktual dari hasil yang diharapkan.


  • AYOO GAYS IKUTIN PROGRAM BEASISWA SARJANA DI PENERBIT MANGGU SETIAP BULANNYA PASTI ADA YANG BERUNTUNG MENDAPATKAN BEASISWA INI. KLIK LINK DISINI UNTUK TAU SYARAT-SYARAT DAN KETENTUANNYA!!

Menuurt Wideman, risiko adalah ketidakpastian yang menimbulkan akibat yang merugikan. menurut Herman Darmawi, risiko adalah penyebaran/penyimpangan hasil aktual dari hasil yang diharapkan. Resiko adalah probabiiltas sesuatu hasil/outcome yang berbeda dengan yang diharapkan.

Itulah beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian risiko. Saya yakin bahwa masih banyak pengertian risiko di luar sana yang belum sempat saya ulas dalam artikel ini. Namun, dengan beberapa pengertian risiko yang diungkapkan oleh para ahli di atas, berharap sudah mampu mewakili pengertian-pengertian risiko yang dimaksud para ahli yang belum masuk di dalam artikel ini.  Di samping itu, dari beberapa pengertian risiko di atas, juga mampu memberikan insfirasi kepada Anda untuk mendefinisikan risiko yang disesuaikan dengan kebutuhan, pandangan, dan juga pendapat Anda sendiri. Sehingga, Anda mampu menerjemahkan mengenai risiko dan mampu mengelola risikotersebut dengan baik.



Secara harfiah, risiko adalah potensi terjadinya sesuatu yang berdampak buruk, baik bagi diri sendiri ataupun suatu entitas usaha. Suatu situasi yang objektif,eksternal dan selalu ada walaupun individu yang terekspos kemungkinan kerugian tersebut tidak menyadarinya. Nah.. disini ada buku tentang (Manajemen Risiko) karya dari Mirza H Yuneline dan Gatot Iwan kurniawan, kalian boleh order buku ini di marketplace kami di 
shopee manggu_store 👇





Sumber gambar: Harmony(dot)com


0 Komentar