Jenis Risiko dalam Manajemen Risiko

 


MANGGUMEDIA.COM -- Kuasailah manajemen risiko secara utuh dan sempurna…!!! Karena, itu akan membantu Anda melancarkan usaha bisnis yang sedang Anda rintis. Dalam manajemen risiko, ada banyak hal yang wajib Anda pelajari.

Selain mempelajari pengertian, penting juga kamu mempelajari tentang jenis risiko dalam manajemen risiko. Agar lebih memahami proses manajemen risiko, di bawah ini ada beberapa jenis risiko paling umum dihadapi bisnis.

1. Risiko Bisnis

Risiko bisnis yaitu risiko berkaitan dengan aktivitas operasional perusahaan. Misalnya, dengan menerapkan K3, pengawasan proses capital budgeting, pelatihan SDM, dan sebagainya.

2. Risiko Geografis

Risiko geografis yaitu risiko akibat lokasi fisik perusahaan. Misalnya, lokasi rawan gempa, tsunami, longsor, dan jenis bencana alam lainnya. Manajemen risiko yang bisa dilakukan perusahaan untuk jenis risiko ini adalah dalam bentuk mitigasi bencana, simulasi, dan asuransi aset.

BACA JUGA: Tujuan Manajemen Risiko

3. Risiko Politik

Risiko politik yaitu ancaman-ancaman yang terjadi akibat kondisi politik dan kebijakan suatu negara. Misalnya, anomali kebijakan, konflik perebutan kekuasaan, dan sebagainya.

4. Risiko Ketidakpastian Ekonomi

Risiko ketidakpastian ekonomi adalah kejadian-kejadian yang timbul sebagai akibat kondisi dan perilaku dari pelaku ekonomi. Misalnya, perubahan sikap konsumen, perubahan selera konsumen, perubahan harga, perubahan teknologi, penemuan baru, terjadinya inflasi, ketidakstabilan nilai mata uang negara, bubble economy, dan masalah ekonomi makro lainnya.

5. Risiko Persaingan

Risiko persaingan yaitu risiko yang ditimbulkan oleh kerasnya kompetisi dalam industri. Contoh mitigasi risiko persaingan, yaitu dengan memiliki tim advokasi bisnis dan menyiapkan strategi antisipasi gerakan kompetitor.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang jenis risiko dalam manajemen risiko. Manajemen risiko adalah salah satu aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dari proses bisnis. Pastikan Anda terus mempelajarinya.

Sumber Bacaan: 

Gatot Iwan Kurniawan dan Mirza H Yuneline, Manajemen Risiko (Bandung: Penerbit Manggu Makmur Tanjung Lestari, 2019)


Artikel Terkait Lainnya:


Mau artikel kamu dibayar ratusan ribu?

Klik DISINI!

0 Komentar