Apa Bedanya Jurusan Psikologi Soshum dan Psikologi Saintek? Anak Psikologi Wajib Tahu

 


MANGGUMEDIA.COM -- Psikologi merupakan jurusan kuliah yang kita kenal sebagai ilmu yang mempelajari tentang mental, pikiran dan perilaku manusia. Progam studi ini juga meneliti alur pemikiran dan alasan di balik perilaku dan tindakan manusia.

Secara garis besar sebenarnya Ilmu Psikolgi terbagi menjadi dua bagian besar yaitu Psikologi kelompok Saintek dan Psikologi kelompok Soshum. Lalu apa perbedaan dari kedua macam kelompok Psikologi ini? Berikut dapat kita simak langsung penjelasannya.

1. Psikologi Soshum

Sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia memasukkan jurusan Psikologi ke dalam rumpun sosial humaniora (soshum). Psikologi dengan kategori soshum ini akan lebih menekankan pada pelajaran terkait Humaniora. Selain itu, Psikologi Soshum lebih cenderung membahas terkait gejala sosial.

Salah satu Universitas yang memasukkan Psikologi dalam kelompok soshum ini adalah Universitas Indonesia (UI). Fakultas Psikologi UI sering dijadikan  rujukan pengembangan Fakultas lainnya di Indonesia.

BACA JUGA: 10 Jurusan Kuliah Banjir Peminat, Kamu Termasuk Yang Mana?

Adapun universitas yang mengambil Psikologi Soshum yang bisa kamu pilih antara lain adalah sebagai berikut.

No

Nama PTN

No

Nama PTN

1

Universitas Indonesia

6

Universitas Negeri Makassar

2

Universitas Diponergoro

7

Univeritas Udayana

3

Universitas Gadjah Mada

8

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

4

Universitas Airlangga

9

Universitas Negeri Jakarta

5

Universitas Brawijaya

10

Universitas Sumatera Utara

 2.      Psikologi Saintek

Psikologi Saintek mencakup ilmu pengetahuan dan praktis baik kepribadian, emosi, perilaku, cara berpikir, serta mental seseorang yang dilihat dari segi kesehatan. Materi yang dipelajari cenderung mengarah ke Biologi dan Kimia di samping masih terdapat Ilmu Sosialnya meskipun tidak terlalu dalam.

 Jadilah Awardee Beasiswa Tahun 2022. Daftar

Menurut Zulfa salah seorang alumni UI mengatakan bahwa Psikologi IPA lebih kuat untuk basic theory dan analisis sedangkan Psikologi IPS lebih cenderung ke gejala sosialnya.

Adapun universitas yang mengambil Psikologi Saintek yang bisa kamu pilih antara lain adalah sebagai berikut.

No

Nama PTN

1

Universitas Padjadjaran

2

Universitas Andalas

3

Universitas Sriwijaya

4

Universitas Sebelas Maret

5

Universitas Hasanuddin

Cari tau lebih lanjut cara dapetin uang
dari artikel di manggumedia. Selengkapnya baca disini!

Nah, itu tadi adalah informaasi tentang jurusan Psikologi. Ternyata Psikologi memiliki kelas soshum dan saintek yang di mana masing-masing perguruan tinggi telah mengambil salah satunya. Jadi, bagi kamu yang berencana akan masuk jurusan kuliah Psikologi jangan lupa untuk mengetahui terlebih dahulu mana kelompok Psikologi yang akan kamu minati untuk kamu pilih.

Baca Artikel Terkait lainnya:




0 Komentar