Apa Itu Fakultas, Jurusan dan Progam Studi?



MANGGUMEDIA.COM- Menentukan jurusan saat mendaftar di perguruan tinggi mungkin akan sedikit berbeda dengan menentukan jurusan pada sekolah menengah dahulu. Pada saat di perguruan tinggi ini penting mengetahui apa nama fakultas yang menaungi pilihan jurusan dan progam studi kalian.

Adanya pengelompokkan seperti ini akan memudahkan bagi mahasiswa untuk mempelajari bidang ilmu tertentu secara spesisfik dan terarah. Lebih lanjut agar mudah memahami langsung saja kita simak pengertian dan perbedaan dari ketiga istilah ini.


1. Fakultas
Fakultas ialah bagian dari perguruan tinggi sebagai tempat untuk fokus mempelajari pada suatu bidang ilmu. Dalam lingkup perguruan tinggi, fakultas membawahi jurusan dan progam studi Contohnya Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran dan lain-lain.

2. Jurusan
Jurusan terletak di bawah fakultas. Pada jurusan ini mahasiswa akan difokuskan untuk mempelajari sutu bidang ilmu. Contohnya jurusan hukum, Jurusan Psikologi, Jurusan Bisnis dan Manajemen dan lain-lain.

2. Progam Studi (Prodi)
Progam studi (Prodi) merupakan bagian dari jurusan. progam studi lebih fokus lagi daripada jurusan. Misalnya Jurusan Kedokteran memiliki Progam Studi Pendidikan Dokter, Progam Studi Ilmu Keperawatan, Progam Studi Gizi Kesehatan dan lain-lain.
Sebenarnya setiap perguruan tinggi pun memiliki pemaknaan yang berbeda terhadap ketiga istilah ini. Penamaan fakultas, jurusan dan progam studi ini pada setiap perguruan tinggi memang ada perbedaan.
Misalnya di Universitas Lambung Mangkurat penamaan FMIPA dapat dijadikan nama fakultas dan di lain sisi FMIPA dapat menjadi nama dari sebuah jurusan.
Akan tetapi apabila kita urutkan satu persatu maka akan terlihat perbedaan pada ketiga isitilah ini seperti pada contoh berikut.

Universitas : Universitas Lambung Mangkurat

Fakultas : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)

Jurusan : Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam (FMIPA)

Progam Studi : Pendidikan IPA

Kalian mahasiswa Fakultas Pertanian? Baca buku ini.


Sumber Gambar: data:image

0 Komentar