Mau Kuliah? Wajib Tahu Ini 5 Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

 


MANGGUMEDIA.COM - Kebanyakan orang yang ingin berkuliah selalu menjurus ke bangku universitas. Padahal universitas hanyalah salah satu dari jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Masih ada jenis lain dari perguruan tinggi yang patut diketahui di mana masing-masingnya memiliki ciri khas tertentu yang membedakan antara perguruan tinggi yang satu dengan yang lainnya.

Berdasarkan rumpun ilmu dan sistem pendidikannya, terdapat 5 jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Berikut informasi lebih lanjut. 

BACA JUGA: Kamu Siap Seminar Proposal Dan Sidang Skripsi? Berikut Kisi-Kisi Pertanyaannya Yang Wajib Diingat!

Akademi

Pendidikan akademi memiliki rumpun ilmu yang bersifat spesifik dibandingkan dengan jenis perguruan tinggi lainnya. Misalnya Akademi Kepolisian yang berarti hanya berfokus pada ranah kepolisian. Selain itu pendidikan akademi ini cenderung menerapkan sistem pendidikan yang bersifat praktis.

Politeknik 

Perlu kita ketahui bahwa sebenarnya politeknik adalah salah satu cabang dari Sekolah Tinggi. Hanya saja, Politeknik lebih memfokuskan pada sisi praktis dari pada akademis. Contoh politeknik seperti Politeknik Kesehatan (Poltekkes).

Sekolah Tinggi

Jika politeknik berorientasi pada praktik maka di sekolah tinggi ini kita akan menemuinya lebih banyak berfokus pada kegiatan akademis. Tidak seperti unversitas, sekolah tinggi ini hanya memiliki satu fakultas saja. Contohnya London School Relations (LSPR) yang ada di Jakarta Pusat.

Institut

Instut hanya mencakup sebagian rumpun ilmu yang biasanya dimasukkan ke dalam fakultas yang lebih khusus. Contohnya saja Institut Teknologi Bandung (ITB) di mana di sini kita akan lebih banyak menemui fakultas yang berkaitan dengan ilmu teknologi. Institut mencakup tiga jenis pendidikan yakni pendidikan akademik, pendidikan vokasi dan pendidikan profesi.

Universitas

Berbeda dengan institut yang hanya mencakup sebagian rumpun ilmu, universitas merupakan perguruan tinggi yang mencakup semua rumpun ilmu mulai dari humaniora, eksakta, seni dan sebagainya yang di mana hal ini dikelompokkan ke dalam fakultas.

Misalnya Universitas Indonesia terdapat Fakultas Kedokteran dan Fakultas Hukum. Persamaannya dengan institut, unversitas ini juga mencakup tiga jenis pendidikan yakni pendidikan akademik, pendidikan vokasi dan pendidikan profesi.

Demikian informasi terkait macam-macam perguruan tinggi di Indonesia. Semoga dengan ini kalian jadi lebih mudah dan bijak dalam memilih jenis pendidikan lanjutan yang paling sesuai dengan minat yang kalian miliki.

Sumber Gambar: Pixabay.com

0 Komentar