Tips Cerdas Selesaikan Deadline Secepat Kilat, Stop! Jangan Panik

MANGGUMEDIA.COM - Punya deadline tapi bingung bagaimana menyelesaikannya? Mahasiswa pasti sering mengalami hal seperti ini. Entah karena kebanyakan tugas atau memang suka menunda-nunda tugas yang jadinya masalah malah semakin menumpuk. Tapi bagaimana pun menghadapi serangan deadline sangat tidak menyenangkan dibandingkan menghadapi serangan fajar, bukan?

Oleh karena itu dari pada panik dan mengeluh tidak berkesudahan lebih baik kamu segera cari solusinya. Bagaimana caranya? Tenang, berikut ini adalah tips cerdas bagi kamu mahasiswa yang ingin menyelesaikan deadline secepat kilat.

1.    Jauhkan Hal-Hal yang Tidak Penting

Jauhkan hal-hal yang tidak penting saat-saat sedang menghadapi deadline. Misalnya, membalas pesan yang tidak penting, pergi ke acara teman dan lain sebagainya. Sebaiknya pilihlah mana pekerjaan yang harus dikerjakan dan penting untuk dikerjakan. Bukan malah mengerjakan hal-hal yang sebenarnya tidak penting untuk dikerjakan saat itu.

BACA JUGA: Halo Pejuang Skripsi, Ini 6 Tahapan Menulis Proposal Skripsi Yang Harus Kamu Praktikkan, Gampang, Kok!

2.    Catat Apa dan Bagaiaman Cara Menyelesaikan

Kadang saking banyaknya tugas yang harus dikerjakan, kita sampai lupa untuk mengerjakannya. Karena itu penting untuk kita mencatat apa saja tugas yang harus kita kerjakan dan bagaimana cara tugas tersebut akan diselesaikan. Dengan begitu ketika akan mengerjakan tugas kita tidak akan bingung lagi dan merasa cemas.

Ketika sudah dekat waktu deadline kamu bisa dengan menyicil mengerjakan tugasmu di hari-hari terakhir. Tapi kalau memang tinggal sehari lagi sebaiknya sebagai saran kamu bisa mensiasati agar kamu dapat menyelesaikan tugasmu dengan mudah dan cepat.

Misalnya, kamu akan mengerjakan tugas dari yang lebih mudah kemudian yang sulit atau bisa juga bertanya ke teman dekatmu apabila kamu merasa kesusahan dalam memahami tugasmu.

BACA JUGAHindari Membaca Saat Presentasi, Ini Alasan Beserta Solusinya

3.        Fokuslah dalam Mengerjakan

Pada tahap pengerjaan tugas inilah kamu dituntut untuk fokus dan berkonsentrasi penuh namun tetaplah rileks. Caranya kamu bisa memilih tempat yang nyaman sambil ditemani seduhan kopi serta hindari hal-hal yang rentan akan memecah konsentrasimu saat proses pengerjaan tugas.

Nah, itu tadi adalah tips cerdas selesaikan deadline, cepat bukan? Kalau  kita niat dengan sungguh-sungguh dan berusaha dengan maksimal tentu tidak menutup kemungkinan kalau semua masalah deadline-mu akan cepat terselesaikan. Selamat mencoba!




 Sumber gambar: DAFFA ARDHAN 

0 Komentar