Hindari Membaca Saat Presentasi, Ini Alasan Beserta Solusinya

MANGGUMEDIA.COM - Presentasi bukan hanya sekedar aktivitas kampus semata. Namun ia akan sangat berguna ketika kamu akan melamar pekerjaan, melatih berbicara di depan umum dan banyak lagi. Sebenarnya tidak ada salahnya membaca slide jika hanya sekali atau dua kali dan tidak dalam waktu yang lama.

Namun kalau kamu membaca slide dari awal presentasi sampai akhir jangan kira audiens akan menangkaap penjelasanmu dengan baik. Apalagi jika gaya presentasi seperti ini kamu bawa pada saat sidang skripsi, wah bisa gawat nanti.
BACA JUGA: Tips Presentasi Menarik Di Depan Kelas Bagi Mahasiswa
Dari pada nanti terlanjur kena getahnya, lebih baik mulai sekarang kamu cari tahu mengapa kita perlu menghindari cara presentasi semacam ini dan bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasinya. Berikut simak langsung penjelasannya.

1. Rentan Lupa

Ini ada erat kaitannnya dengan menghafal saat presentasi. Cara berbicaranya cenderung kaku dan biasanya informasi yang disampaikan berisikan kalimat yang hampir sama dengan isi slide. Apabila ketika di tengah-tengah ada informasi yang terlupakan maka seseorang akan kesulitan untuk melanjutkan presentasi.

2. Tidak interaktif

Presentasi sambil membaca juga mengakibatkan kamu kehilangan kontak dengan audiens. Sebab fokusmu hanya tertumpu pada apa yang akan kamu sampaikan dan meniadakan keberadaan audiens. Akibatnya pesan yang akan disampaikan kepada audiens tidak tersampaikan dengan baik.
BACA JUGA: Halo Pejuang Skripsi, Ini 6 Tahapan Menulis Proposal Skripsi Yang Harus Kamu Praktikkan, Gampang, Kok!
3. Kehilangan Suasana

Selain kedua hal sebelumnya, cara presentasi seperti ini mengakibatkan kamu kehilangan suasana. Mungkin bisa dipicu faktor tegang atau cemas kalau sampai ada yang terlewat. Tidak hanya kamu, para audiens pun juga akan merasa cepat bosan di dalam ruangan dan membuat mereka jadi malas mendengarkan presentasimu.

Solusinya dari pada menghafal keseluruhannya, lebih baik kamu mengambil beberapa kata kunci dari setiap Slide presentasi. Setelah terkumpul kamu bisa menjelaskan kata kunci tersebut sesuai dengan gaya bahasamu sendiri. Bagaimana mudah, bukan? Selamat mencoba!



Sumber gambar: Freepik[dot]com

0 Komentar