Halo Pejuang Skripsi, Ini 6 Tahapan Menulis Proposal Skripsi yang Harus Kamu Praktikkan, Gampang, Kok!

MANGGUMEDIA.COM--Tak sedikit mahasiswa yang bertanya mengenai tahapan menulis proposal skripsi. Banyak juga di antara mereka yang kebingungan bagaimana mengerjakan tugas akhir itu.

Padahal, bila proposal skripsi dikerjakan dengan kesungguhan dan kesiapan referensi, maka waktu pengerjaannya pun tak butuh waktu lama.

Untuk memudahkan para calon sarjana dalam menuntaskan tugas wajib tersebut, berikut 6 tahapan menulis proposal skripsi seperti dilansir Instagram @campuspedia:
1. Menentukan batas penelitian

Ini sangat penting! Jangan sampai penelitian kamu melebar ke mana-mana alias tidak fokus. Sebelum menentukan bahasan, boleh kamu mendaftar tema-tema penelitian yang menarik. Setelah itu, barulah kamu pilih tema yang paling keren dan mampu kamu kerjakan.

2. Buat tujuan dan rumusan masalah

Dari topik yang sudah kamu pilih, sekarang tentukan kira-kira apa tujuan/urgensi/esensi dari penelitian itu. Rumusan masalah dan tujuan ini saling berhubungan satu sama lain. Jadi, kamu bisa pilih untuk berpikir salah satu dulu.

3. Memilih kajian literatur

Ini barangkali bagian yang agak memusingkan buat kamu, sebab ini sudah masuk ke BAB II. Ini butuh waktu yang lama karena kamu harus memilih basis teori dan kajian literatur.
Di sini, kamu benar-benar diuji untuk memilih dan menentukan teori yang cocok dengan topik yang dibahas. Kejelian adalah sesuatu yang penting di sini!
4. Memilih metode penelitian

Salah satu kunci agar kamu mudah menentukan metode penelitian adalah tak sungkan untuk berdiskusi, baik dengan teman terlebih dosen.
Selain itu, banyak membaca buku referensi/skripsi orang lain adalah cara lain untuk mencari metode yang tepat dan sesuai dengan topik penelitian yang kamu pilih.

5. Tulislah proposal skripsi dengan singkat dan sesuai format

Bila di dalam proposal skripsimu terdapat kalimat yang bertele-tele, gantilah dengan kalimat singkat yang merangkum semua rencana penelitian.
Tak hanya itu, pastikan pula proposal skripsimu, penulisannya sudah sesuai format yang ditentukan. Jangan sampai salah!

6. Memperhatikan penulisan

Sebelum proposal skripsi benar-benar diajukan, baca ulang kembali tulisanmu itu minimal 2-3 kali!
Hal itu berguna untuk mengecek apakah di dalam tulisan kamu tersebut ada typo atau kalimat yang tidak logis. Atau penggunaan tanda baca yang tidak sesuai.
Nah, itulah 6 tahapan yang harus kamu praktikkan ketika menulis proposal skripsi. Yuk, kerjakan sekarang atau jadwal wisudamu mundur lagi!


"Kalian pejuang Skripsi tetap semangat jangan menyerah" SEMANGAT BUAT PEJUANG SKRIPSI



Sumber gambar: media[dot]suara[dot]com



0 Komentar