Inilah 5 Alasan Dosen Pembimbing Menolak Judul Skripsimu, Apa Saja Itu? Simak Penjelasannya!



MANGGUMEDIA.COM--Apakah kamu mahasiswa yang saat ini sedang menyiapkan proposal skripsi? Bila iya, bersyukurlah, sebab proses menuju sarjana akan segera tiba!

Namun, jangan lupa, ketika kamu mengajukan judul skripsi ke dosen pembimbing (dospem) haruslah judul yang menarik dan juga jarang dibahas.

Bila kamu tidak tepat ketika mengajukan judul skripsi di hadapan dosen pembimbingmu, maka bukan tidak mungkin judul skripsimu bakal ditolak.

Nah, lalu apa alasan dosen pembimbing menolak usulan judul skripsi kamu? Berikut 5 alasannya, seperti dikutip dari Instagram @seputarkuliah:

1. Bertentangan dengan norma di masyarakat dan kontroversial

Jika bisa, cari aman sajalah ketika mengajuan judul skripsi ke dosen pembimbing. Artinya, hindari tema-tema yang sensitif atau yang dapat memicu kehebohan.

Kamu bukan tidak boleh mengusulkan judul skripsi yang mengundang kontroversi, cuma hal demikian hanya akan memperlambat skripsimu, sementara kamu ingin segera lulus, bukan? 

2. Ruang lingkup judul skripsi di luar bidang keilmuan/jurusan.

Jangan sampai ini terjadi! Kamu kuliah jurusan Farmasi, misalnya, tapi kamu memilih tema skripsinya di luar jurusan yang kamu pilih.

Pilihlah garapan skripsi sesuai bidang yang kamu kuasai. Bila itu kamu lakukan, hambatan-hambatan yang ada dapat segera diatasi.


3. Judul skripsi yang diajukan sudah nggak relevan

Mahasiswa akhir yang sedang bersiap mengajukan judul skripsi memang perlu update informasi alias apa saja yang hangat dibicarakan.

Siapa tahu, kehebohan yang terjadi bisa menjadi bahan/ide untuk menulis skripsi. Ini penting agar judul yang kamu ajukan selalu relevan dan tidak basi.

 4. Nggak ada masalah dan urgensi penelitian

Ini penting diketahui bagi mahasiswa yang mengajukan judul skripsi! Kamu perlu kritis ke diri sendiri, minimal bertanya,”Kenapa saya memilih judul skripsi ini dan apa pentingnya?”

Dengan begitu, kamu jadi berpikir sebenarnya judul skripsi yang kamu ajukan memiliki urgensi dan masalah yang berarti atau tidak. Gampang, bukan?

5. Penelitian yang diajukan nggak punya kerangka berpikir yang jelas

Salah satu hal penting dari skripsi adalah kerangka berpikir. Bila kerangkanya tepat, maka pembahasan selanjutnya pun tidak melenceng dari masalah.


Pengen Skripsimu Diterima Penguji? Miliki Ini. 




Yuk, pikirkan lagi kerangka berpikirnya sebelum menghadap ke dosen pembimbing untuk mengajukan judul skripsi!

Nah, itulah 5 alasan dosen pembimbing menolak judul skripsimu. Supaya judul skripsimu tidak ditolak, tentu hindari 5 poin yang sudah dijelaskan, ya.

Selamat berlatih membuat judul skripsi!

0 Komentar