Tips Presentasi Menarik Di Depan Kelas Bagi Mahasiswa

Presentasi merupakan hal yang biasa dalam keseharian seorang mahasiswa. Namun bagi sebagian mahasiswa, presentasi seringkali dianggap hal yang menyeramkan. Terkadang, saat mereka memperhatikan presentasi di kelas, sebagian mahasiswa merasa bosan, terutama pada jam terakhir perkuliahan. Pernahkah kamu berfikir tentang bagaimana cara mebuat presentasi di depan kelas terlihat lebih menarik? Dan bagaimanakah cara agar percaya diri ketika menyampaikan informasi didepan banyak orang? Artikel ini akan menjawab pertanyaan tersebut.

Apasih tujuan presentasi bagi mahasiswa dalam perkuliahan? Tujuannya adalah sebagai wadah untuk para mahasiswa berlatih dalam menghadapi ujian skripsi. Sebagai mahasiswa yang akan menghadapi skripsi kita harus mampu menyampaikan tentang apa yang kita teliti dengan jelas dan percaya diri di hadapan dosen. Berikut tips agar presentasimu lebih menarik saat di depan kelas.

1.     Awali presentasi dengan senyuman

Degan tersenyum tentunya kita akan lebih merasa tenang. Sebuah senyuman sangat penting pada presentasi offline maupun online karena, dengan tersenyum akan membuat kita terlihat menarik dan membuat audiens penasaran terhadap apa yang akan anda kamu sampaikan.

2.     Ucapkan terimakasih kepada dosen

Ucapkan terimakasih kepada dosen atas kehadirannya untuk menyaksikan presentasi. Ini merupakan sebuah salah satu bentuk penghormatan kepada dosen.

3.     Sampaikan dengan suara yang jelas dan lantang

Jika berbicara dengan suara yang jelas maka pesan yang kita sampaikan pun akan dimengerti oleh audiens. Selain jelas suara kamu pun harus lantang agar seluruh audiens dapat mendengar.

4.     Gunakan bahasa tubuh

Bahasa tubuh dapat mendukung penampilan presentasi. Bahasa tubuh yang digunakan yaitu melalui tangan, tidak asal menggerakkan. Ada beberapa teknik dalam menggerakkan tangan yang dapat digunakan saat presentasi yaitu sebagai berikut:

 

a.      Dealing card

Yaitu membuka tangan ketika menyampaikan sesuatu dalam presentasi kemudian kembali menutupnya dengan membentuk segitiga.

b.     Finger couting

Yaitu meletakan jari bagian kanan ke telapak tangan bagian kiri yang dilakukan ketika menyebutkan poin atau angka dalam sebuah urutan.

c.      Space putty, yaitu gerakan tangan secara variatif, gerakan ini biasanya dilakukan sesuai dengan pemahaman presenter dalam mendeskripsikan apa yang sedang dijelaskannya.

BACA JUGA : Inilah Cara Buka 2 Zoom Pakai 1 Laptop

5.     Menjawab pertanyaan sesuai fakta

Terkadang ketika sesi tanya jawab kita sering merasa kebingungan dalam menjawabnya, maka kita harus memahami dengan baik materi yang akan kita sampaikan. Tentunya menjawab sebuah pertanyaan haruslah sesuai fakta yang ada pada data maupun hasil penelitian.

6.     Menutup dengan kesimpulan

Kesimpulan sangat penting untuk disampaikan agar seluruh audiens memiliki pemahaman yang sama sesuai dengan materi yang disampaikan.

 


Nah itu tadi tips untuk melakukan presentasi menarik bagi mahasiswa.semua akan mudah jika kita berani mencobanya, selamat mempraktikannya.

0 Komentar