Pengertian Minat Belajar


MANGGUMEDIA.COM -- Minat belajar terdiri dari dua kata, yakni minat dan belajar. Dua kata ini memiliki arti yang beda. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Wikipedia bahasa Indoensia, minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu; gairah; keinginan. Minat adalah kecenderungan jiwa yang relatif menetap kepada diri seseorang dan biasanya disertai dengan perasaan senang. Minat adalah kecenderungan jiwa yang tetap ke arah sesuatu yang sangat berharga bagi seseorang.

Pengertian belajar dalam Kamus Besar Bahasa Indoensia, adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu; berlatih; berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman. Sedangkan berdasarkan Wikipedia bahasa Indonesia, bejalar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon.
BACA JUUGA: Makna Pendidikan Karakter
Sementara itu pengertian belajar secara psikologis, adalah suatu proses perubahan, yaitu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Perubahan tingkah laku yang dimaksud dalam pengertian tersebut adalah:

1) Perubahan terjadi secara sadar.

2) Perubahan dalam belajar bersifat kontinyu dan fungsional.

3) Perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif.

4) Perubahan dalam belajar bukan bersifat sementara.

5) Perubahan dalam belajar bertujuan atau terarah.

6) Perubahan mencakup seluruh aspek tingkah laku.

Dari penjelasan di atas mengenai pengertian minat dan belajar, tentu sudah dapat dipahami dan bisa diartikan secara menyeluruh mengenai pengertian minat belajar.

Menurut Slameto minat belajar ialah salah satu bentuk keaktifan seseorang yang mendorong untuk melakukan serangkaian kegiatan jiwa dan raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dalam lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotorik.
Menurut Hansen, minat belajar siswa erat hubungannya dengan kepribadian, motivasi, ekspresi dan konsep diri atau identifikasi, faktor keturunan dan pengaruh eksternal atau lingkungan.

Berdasarkan beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa minat belajar adalah dorongan dalam diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang dapat membuatnya tertarik dan senang.





Sumber gambar: ainamulyana[dot]blogspot[dot]com





0 Komentar