Makna Pendidikan Karakter

MANGGUMEDIA.COM -- Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pendidikan adalah proses, cara, perbuatan mendidik. Atau, diartikan sebagai proses mengubah sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Berdasarkan sumber dari Wikipedia bahasa Indoensia, pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian.

Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang tertuang pada Bab I Pasal 1, disebutkan bahwa:

“Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.”

BACA JUGA: Pentingnya Kecerdasan Emosional Bagi Tenaga Pendidik Anak Usia Dini

Sementara berkaitan dengan pengertian karakter tentu harus juga ditelusuri dan dijelaskan lebih detail lagi. Hal ini agar pemahaman kita mengenai pengertian karakter dapat dipahami dengan sempurna.

Secara etimologi, istilah karakter asal dari bahasa Latin, yaitu character, yang berarti tabiat, tabiat, sifat-sifat kejiwaan, budi pekerti, kepribadian serta akhlak. Karakter adalah seperangkat sifat yang selalu dikagumi menjadi tanda-tanda kebaikan, kebajikan dan kematangan moral seseorang.

Berdasarkan sumber dari Wikipedia bahasa Indoneisa, karakter sama dengan watak. Karakter atau watak adalah sifat batin yang memengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, karakter adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain; tabiat; watak.

Dari pengertian pendidikan dan pengertian karakter di atas, tentu pengertian pendidikan karakter sudah sedikit bisa dipahami. Namun, untuk lebih jelasnya, kali ini akan dibahas lebih dalam mengenai pengertian atau makna dari pendidikan karakter itu sendiri.

Pendidikan karakter adalah suatu sistem penamaan nilai-nilai karakter yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan.

BACA JUGA: Tujuan Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral dengan tujuan untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus, guna penyempurnaan diri ke arah hidup yang lebih baik.

Pengembangan karakter masyarakat atau lingkungan dapat dilakukan melalui perkembangan karakter individu seseorang. Pengembangannya dapat dilakukan dalam lingkungan sosial dan budaya yang bersangkutan.

Pendidikan karakter merupakan bagian penting dari kehidupan manusia yang tak pernah dan tidak boleh untuk ditinggalkan. Pendidikan ke arah terbentuknya karakter para siswa merupakan tanggung jawab semua guru. Sedangkan karakter anak-anak dilingkungan keluarga adalah orang tua dan lingkungannya.


Agar suasana belajar dan proses pembelajaran anak secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia.




Referensi:

Arif Muzayin Shofwan, Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren (Bandung: Penerbit Manggu Makmur Tanjung Lestari, 2021)



Sumber gambar: sehatq[dot]com

0 Komentar