Pengertian Pendidikan



MANGGUMEDIA.COM - Sudah barang tentu kita semua familiar dengan yang namanya pendidikan. Setiap orang pasti butuh yang namanya pendidikan. Semua orang tua selalu memperhatikan yang namanya pendidikan bagi anak-anaknya. Tetapi apakah di antara kita masih ada yang belum paham dengan namanya pendidikan? Tentu saya yakin bahwa sebagian besar dari kita sudah paham apa itu pendidikan.

Walaupun sudah banyak yang paham mengenai pengertian pendidikan, tidak salahnya pada kesempatan kali ini saya memaparkan mengenai pengertian pendidikan.
BACA JUGA:   Pendidikan Islam Di Indonesia, Mau Dibawa Kemana? 
Berdasarkan sumber yang diperoleh dari Wikipedia, pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Sedangkan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, pendidikan adalah peorses, cara, perbuatan mendidik. Atau, pendidikan juga bisa diartikan bahwa pendidikan merupakan proses mengubah sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pembelajaran dan pelatihan.

Berdasarkan Pasal 1 poin 1 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, keperibadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.
Menurut Didit Supriyadi, pendidikan dan pelatihan merupakan usaha yang terencana dari perusahaan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan karyawan.

Pada dasarnya pendidikan sangat penting dan diperlukan bagi setiap individu untuk membentuk karakter dalam diri individu dengan tujuan agar individu tersebut memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, keperibadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

Untuk membentuk itu semua, tentu yang harus diperhatikan bagi orang tua adalah pendidikan di lingkungan keluarga dan lingkungan tempat tinggal. Sehingga, yang memiliki tanggung jawab pertama dan utama dalam pendidikan anak adalah orang tua dan masyarakat sekitar.

Pendidikan bisa ditempuh melalui pendidikan formal maupun nonformal. Keduanya memiliki peran masing-masing. Sehingga, pada saat anak tumbuh dewasa akan memiliki karakter yang sesuai dengan apa yang dijelaskan pada UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pendidikan

Didit Supriyadi, S.E., MM., Dr., H. 2017. Intergritas, Pendidikan, dan Kinerja: Studi Empirik pada Perbankan. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.













0 Komentar