Jangan Sampai Kecewa! Sebaiknya Orangtua Tahu Perbedaan Madrasah dan Sekolah, Apa Itu?

 


MANGGUMEDIA.COM -- Hanya sedikit orangtua yang peduli dengan lembaga pendidikan, tempat anak-anak mereka menuntut ilmu.

Sebagiannya justru tak ambil pusing di mana anak sekolah. Bagi mereka, yang penting anak bisa sekolah. Bisa belajar. Mampu berinteraksi dengan teman-temannya.

Tak salah memang bila ada orang tua yang berpikiran seperti itu. Namun, akan lebih elok bila para orang tua juga mengetahui latar belakang tempat anak-anak menempuh pendidikan.

Misalnya, apa saja keunggulan serta kekurangan lembaga pendidikan si anak, biaya masuknya, gedungnya seperti apa, bahkan bagaimana kurikulumnya.

Memang perlu peran aktif orang tua untuk mengetahui hal-hal tersebut dari tempat mereka belajar. 

BACA JUGA: 

Tanpa aktif bertanya kepada pihak pengelola lembaga, maka pengetahuan akan lembaga  tersebut minim didapat.

Sebab, andai terjadi suatu hal yang tak diinginkan oleh orangtua murid mengenai tempat menempa pendidikan itu, maka siapa yang patut disalahkan atau bertanggungjawab?

Nah, agar hal itu tak terjadi, maka sebaiknya para orangtua perlu mengetahui perbedaan ‘madrasah’ dan ‘sekolah’. Apakah keduanya benar-benar berbeda? Berikut penjelasannya:

Secara umum, menurut almarhum Malik Fadjar, madrasah ialah sekolah umum yang memiliki ciri khas Islam yang menjadi bagian keseluruhan dari sistem pendidikan nasional.

Lalu, apa pengertian sekolah? Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan sekolah sebagai bangunan atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran.

Sedangkan di dalam buku Ilmu Pendidikan Islam karangan Hasan Basri dan Beni Ahmad Saebani menerangkan, sekolah adalah tempat belajar pengetahuan umum, misalnya bahasa Indonesia, IPS, IPA, dan lain-lain.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai madrasah dan sekolah, lalu dinamika, kurikulum, karakter, dan ciri khas lainnya dapat Anda baca di buku Muh. Fitrah dan Hendra berjudul Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran: Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas.

 

Referensi:

PengelolaanKelas Dalam Pembelajaran: Strategi Guru Dalam Mengelola Kelas karya Muh. Fitrah dan Hendra (Penerbit Manggu 2019).

0 Komentar