Sebelum Mengikuti Kepanitiaan di Kampus, Ini Yang Wajib Mahasiswa Tahu

 

Sumber: hastagkampus.com

Panitia merupakan kumpulan individu yang dibentuk secara sengaja untuk melaksanakan tugas tertentu yang diberikan. Jika kamu mendapat tawaran menjadi panitia dalam suatu kegiatan maka kamu harus dapat memilih divisi mana yang akan kamu ikuti. Berikut divisi – divisi dalam acara kepanitiaan yang wajib kamu ketaui.

Ketua Panitia

Ketua panitia merupakan sosok penggerak tim, mereka harus mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik serta mampu mmeotivasi dan berkomunikasi dengan anggota panitia. Bertanggung jawab atas acara tersebut.

Sekretaris

Sekretaris berhubungan dengan hal administrasi, seperti membuat surat-surat resmi, proposal, laporan pertanggung jawaban, serta berkoordinasi dengan divisi lain untuk memenuhi kebutuhan mereka terkait kegiatan administrasi.

Bendahara

Mengelola anggaran dan membuat rencana anggaran belanja untuk memenuhi kebutuhan acara.

BACA JUGA: Rekomendasi Bisnis Online untuk Mahasiswa

Divisi Dokumentasi

Mendokumentasikan kegiatan berupa foto atau video sebagai arsip dari kegiatan tersebut serta untuk mengabadikan momen terbaik.

Divisi Keamanan

Bertanggung jawab atas keamanan suatu acara. Berkoordinasi dengan staf keamanan seperti satpam, dan penjaga.

Divisi Sponsorship

Divisi ini bertanggung jawab atas kerjasama dengan pihak sponsor agar bisa mendapat tambahan dana untuk menyelenggarakan acara tersebut.

Divisi Konsumsi

Bertanggung jawab atas pembagian makanan selama acara berlangsung.

Divisi Perlengkapan

Bertanggung jawab atas kelengkapan perlengkapan serta peralatan untuk acara misalnya kursi, panggung, soundsistem, hingga lokasi untuk acara tersebut.

Divisi Humas dan Publikasi

Bertanggung jawab terhadap publikasi suatu acara untuk disebarluaskan kepada khalayak sehingga banyak yang mengetahui.

Divisi Acara

Ini merupakan divisi yang paling utama dan sibuk karena mereka bertanggung jawab untuk menyusun dan merangkai sebuah acara serta mengatur jalannya acara.

Nah beberapa poin diatas merupakan divisi dalam acara kepanitiaan yang wajib kamu ketahui sebelum mengikutinya. Semoga bermanfaat.


Mau Uang 500 ribu tiap bulan? Klik disini

0 Komentar