Selasa, 02 Agustus 2022

Miliki 6 Mental Cerdas Mahasiswa, Penting Untuk Hadapi Dunia Kampus


MANGGUMEDIA.COM -- Ketika memasuki dunia kampus, tidak melulu soal kepintaran dalam hal akademik yang kamu perlukan. Namun kamu juga harus memiliki mental yang kuat dan cerdas untuk menghadapi dunia kampus. Mental yang baja ini akan membuatmu menjadi tahan banting dan tidak mudah menyerah.

Apa saja mental cerdas yang harus kamu miliki sebagai mahasiswa tersebut? Berikut kamu bisa simak di bawah ini penjelasan lebih lengkapnya.


1. No Insecure

Ketika kamu sudah mengetahui diri kamu, mengenali diri kamu dan menerima diri kamu apa adanya, maka tanpa sadar kamu sudah mengikis rasa insecure di dalam dirimu. Kamu tidak peduli apa yang teman-temanmu kenakan, pencapaian yang sudah mereka raih dan ke mana tempat hiburan mereka sebab kamu sudah mempunyai tolok ukur kamu sendiri.

Kamu sadar bahwa setiap orang memilliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing termasuk diri kamu sendiri. Oleh karena itu, kamu tidak mudah terpengaruh dengan keberadaan teman-teman di sekelilingmu.

2. Tidak Takut Gagal

Setiap manusia tentunya tidak mau mengalami kegagalan. Akan tetapi, kamu harus sadar bahwa adanya kegagalan bukan untuk selamanya menjatuhkanmu melainkan untuk memberitahumu belajar dari kegagalan tersebut. Oleh karena itu, beranilah mencoba sesuatu dan jangan takut gagal sebab akan ada banyak keputusan-keputusan yang mesti kamu ambil untuk meraih kesuksesanmu.

3. Berpikir Sebelum Menerima

Mahasiswa yang cerdas identik dengan cara berpikirnya yang kritis. Tidak menerima begitu saja setiap informasi yang didapatkan sebelum menyaringnya terlebih dahulu. Keterampilan ini penting sekali kamu miliki sebab nantinya di dunia kampus kamu akan banyak menemui banyak perbedaan pendapat yang kamu terima.

KAMU MAU DAPAT BEASISWA? DAFTAR DI SINI

4. Mau Berproses

Kamu sadar bahwa di dunia ini tidak ada yang praktis bahkan mie instan yang kamu makan pun juga menjalani tahapan proses sebelum sampai di dalam mangkuk. Mau berproses adalah sikap yang mesti kamu tanamkan ketika kamu menjadi mahasiswa. Kamu harus siap lelah, kecewa dan gagal sebab semua itu adalah bagian dari proses perjalananmu selama menempuh perkuliahan. Tidak hanya banyak berangan-angan namun kamu juga mau melakukannya dengan sabar dan sungguh-sungguh.

5. Tidak Boros

Ketika kamu menjalani kehidupan di perantauan, kamu dituntut untuk mandiri dan mampu mengatur keuangan. Meskipun kedua orang tuamu berkecukupan, kamu tidak serta merta menggantungkan sepenuhnya kebutuhanmu kepada mereka. Kamu mampu memilah mana yang termasuk kebutuhan dan keinginanmu sehingga kamu tidak semena-mena mengeluarkan uangmu untuk hal-hal yang tidak penting.

6. Tidak Melupakan Waktu Istirahat

Kesehatanmu merupakan hal yang sangat penting kamu jaga. Banyaknya tugas-tugas kuliah dan padatnya aktivitas kampus tidak jarang membuat mahasiswa lupa akan jam istirahat mereka. Padahal tubuh juga butuh istirahat dan ketenangan untuk kembali melakukan aktivitas untuk lebih optimal. Oleh karena itu, jangan lupa memberi jatah istirahat untuk tubuh sendiri agar proses kuliahmu tetap berjalan maksimal.




Previous Post
Next Post

Manggumedia adalah media online referensi kaum kuliahan yang menyajikan artikel-artikel yang sedikit intelek namun tetap segar dan merangsang.

0 comments: