Manfaat Manajemen Risiko dalam Perusahaan

 


Ingat…!!! Manajemen risiko sangat penting bagi Anda yang sedang menjalankan suatu aktivitas, terutama aktivitas bisnis. Dalam dunia bisnis, manajemen risiko merupakan salah satu komponen penting dalam pengelolaan bisnis. Tujuannya, sebagai cara atau alat ukur dalam meminimalisir kerugian yang kemungkinan akan terjadi. Sehingga, dengan adanya manajemen risiko yang baik akan mampu melindungi perusahaan Anda dari banyak masalah.

Menurut Gatot Iwan Kurniawan dan Mirza H. Yuneline, dalam bukunya yang berjudul Manjemen Risiko, terdaat beberapa manfaat dar manajemen risiko yang bisa didapat oleh peusahaan, yaitu:

  1. Peruahaan akan mengetahui secara detail mengenai risiko-risiko yang dihadapi oleh perusahaan dalam menjalanan aktivitasnya.
  2. Perusahaan akan mengetahui karakter dari masing-masing risiko yang sudah teridentfikasi dan terukur melalui proses ilmiah.
  3. Perusahaan akan mampu membuat suatu skala prioritas dan mendapatkan arah yang jelas dalam upaya mengendalikan risiko.
  4. Akan sangat membantu pimpinan dalam mengambil keputusan serta sebagai batasan yang membantu perusahaan dalam mencapai tujuan.
  5. Memberikan suatu proses berkelanjutan dalam upaya meminimalisir risiko yang ada yang diharapkan meningkatkan performa perusahaan.
  6. Membentuk suatu budaya yang selalu melibatkan kemungkinan terjadinya risiko, sehingga langkah pencegahan terbentuk secara otomatis.

Dari beberapa manfaat manajemen risiko di atas, jelas bahwa pembentukan dan pengembangan suatu manajemen risiko memberikan suatu sistem pengawasan dan pengendalian yang baik dalam aktivitas suatu perusahaan.

BACA JUGA:

Jenis Risiko Dalam Manajemen Risiko


Jika melihat manfaat manajemen risiko di atas, dapat ditarik lebih jauh mengenai kemanfaatan dari manajemen risiko terhadap perusahaan. Karena, jika dijalankan dengan baik dan benar, manajemen risiko akan memberikan manfaat yang sangat besar terhadap aktivitas perusahaan dalam mencapai tujuan yang ditetapkan. Berikut beberapa manfaat manajemen risiko bagi perusahaan, yaitu:

  1. Membantu untuk mencapai visi, misi dan tujuan perusahaan. Tanpa proses manajemen risiko perusahaan yang benar, Anda akan kesulitan atau bahkan gagal mewujudkan visi, misi dan tujuan perusahaan. Kiranya penting sekali menerapkan manajemen risiko dengan baik dan benar. Agar, perusahaan dapat berjalan, tumbuh serta berkembang dengan baik.
  2. Mencegah terjadinya Kolaps pada perusahaan. Ada banyak faktor yang bisa mengakibatkan sebuah bisnis bangkrut. Mulai dari faktor pengelolaan finansial sampai fraud oleh manusia. Proses manajemen risiko adalah salah satu solusi terampuh guna menghindari kebangkrutan, terutama dari segi keuangan.
  3. Meningkatkan keuntungan perusahaan. Selain untuk meminimalisasi ancaman, proses manajemen risiko juga bisa dimanfaatkan guna meningkatkan profitabilitas bisnis. Adanya manajemen risiko perusahaan, Anda bisa menganalisa pengelolaan sumber daya yang sekiranya kurang efisien/efektif.
  4. Menjaga kepercayaan stakeholder. Reputasi bisnis Anda juga akan tetap terjaga. Jika perusahaan Anda terbukti punya nama baik di mata stakeholder, akan lebih banyak lagi stakeholder datang pada Anda untuk memulai kerja sama.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang manfaat. Manajemen risiko adalah salah satu aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dari proses bisnis. Pastikan Anda terus mempelajarinya!



Sumber Bacaan: 

Gatot Iwan Kurniawan dan Mirza H YunelineManajemen Risiko (Bandung: Penerbit Manggu Makmur Tanjung Lestari, 2019)


Mau Dapat 250 Ribu? 

Tulis Artikelmu Tentang Manajemen Risiko. Klik Di sini!

0 Komentar