Jurusan Kuliah Manajemen Bisa Jadi Apa?


MANGGUMEDIA.COM - Jurusan kuliah yang berada di naungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini merupakan jurusan kuliah yang banyak diminati para calon mahasiswa. Salah satu faktornya adalah karena jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup baik dan menjanjikan di dunia kerja.

Umumnya seorang manajer memiliki peran untuk mengelola dan mengatur bidang tertentu yang ada di sebuah perusahaan atau suatu lembaga. Lalu apa saja profesi yang bisa kamu ambil sebagai lulusan jurusan kuliah manajemen ini? Di bawah ini akan dipaparkan informasi lengkapnya.


1. Manajer Keuangan

Manajer Keuangan merupakan pekerjaan krusial di sebuah perusahaan. Posisi ini merupakan bagian dari divisi keuangan yang memanajemen cash flow atau aliran dana di sebuah perusahaan. Tugas seorang manajer keuangan yaitu merencanakan dan mengelola sistem keuangan yang ada. Kamu juga akan bekerja sama dengan manajer di bidang lain di dalam satu perusahaan agar pekerjaan saling berkesinambungan.

Untuk menjadi seorang manajer keuangan diperlukan ketekunan dan ketelitian dalam bekerja. Sebab kesalahan kecil yang dilakukan oleh seorang manajer keuangan akan berdampak kepada keseluruhan fungsi perusahaan.

2. Marketing Eksekutif

Tugas seorang Marketing Eksekutif adalah meningkatkan penjualan dari sebuah produk perusahaan. Seorang Marketing Eksekutif dituntut memiliki skill komunikasi yang mantap sebab dengannya dia akan berkomunikasi dan memberikan pelayanan kepada para pelanggannya. Selain itu Marketing Eksekutif juga akan bekerja sama dengan bagian produksi penjualan dan distributor.



3. Product Manager

Berbeda dengan Marketing Eksekutif seorang Product Manajer lebih melakukan manajemen ke arah produk di sebuah perusahaan. Mengembangkan suatu produk, merancang bahkan melakukan pembaharuan terhadap produk yang akan dipasarkan merupakan tugas seorang Product Manager.

Menjadi seorang Product Manager diperlukan ide-ide kreatif dan memiliki kemampuan analisis yang baik untuk menjalankan tugasnya. Produk yang baik tentu adalah produk yang berhasil mendatangkan profit bagi sebuah perusahaan.

4. Konsultan

Konsultan adalah seorang yang ahli dalam bidang tertentu. Umumnya seorang konsultan akan menawarkan sebuah solusi atau pandangan terhadap suatu masalah untuk mengatasi sebuah kendala yang terjadi di dalam sebuah perusahaan.

Seorang lulusan manajemen dapat melamar sebagai konsultan dari beberapa bidang manajemen seperti Konsultan Finansial, Konsultan Manajemen dan Konsultan Personal Branding.

Nah, ternyata cukup banyak, ya posisi seorang lulusan manajemen di sebuah perusahaan. Apabila kamu berminat menjadi salah satu profesi di atas, kamu bisa banget mulai sekarang untuk memilih jurusan kuliah manajemen ini.

  • Buku Manajemen Pembiayaan Bank Syariah ini untuk kalian yang mau masuk manajemen keuangan bisa menjadi referensi untuk menambah ilmu-ilmu pengetahuan kalian.





Sumber gambar : Pexels(dot)com


0 Komentar