Selain Jadi Guru, Apa Prospek Kerja Jurusan Pendidikan ?

MANGGUMEDIA.COM - Selain jadi guru, sarjana pendidikan bisa jadi apa, ya? Mungkin beberapa kamu ada yang menyakan hal ini terkait kebingungan kamu yang merasa tidak cocok menjadi guru atau sedang mencari pekerjaan lain.

Nah, ternyata lulusan sarjana pendidikan memiliki prospek kerja yang luas tidak hanya menjad guru. Berikut ini adalah beberapa tawaran lowongan kerja selain menjadi guru yang bagi kamu lulusan sarjana pendidikan.

1.    Konsultan Pendidikan

Secara umum, lulusan sarjana pendidikan dapat bekerja menjadi konsultan pendidikan di mana bertugas mengevaluasi dan manajemen  sistem pembelajaran, membina ekstrakulikuler dan lainnya.

BACA JUGA:  Apa Itu Fakultas, Jurusan Dan Progam Studi?

2.    Pegawai Yudisial/Staf Legal

Lulusan Pendidikan Pancacsila di beberapa kampus bisa mengambil profesi sebagai pegawai yudisial/ staf legal. Pegawai yudisial biasanya membantu hakim saat di pengadilan, menyiapkan berkas-berkas dan melakukan riset. Adapun staf legal bertugas membantu menyiapkan dokumen dan korespondensi hukum serta ikut dalam penelitian di bidang hukum.

3.    Asisten Peneliti/Peneliti Muda

Bisa kita ambil contoh dari jurusan PGSD yang ada di beberapa kampus mengarahkan mahasiswanya untuk mempunyai keahlian sebagai peneliti pemula. Sehingga dengan kompetensi yang dimiliki, lulusannya bisa membuat inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan luar sekolah.

4.    Penulis Buku/Penerjemah/Jurnalis

Tidak hanya menjadi seorang guru, lulusan pendidikan misalnya pendidikan sejarah misalnya juga bisa menjadi penulis berita, kolumnis, editor dan jurnalis. Seorang lulusan sarjana pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra bisa menjadi penulis konten, editor, penerjemah dan lain sebagainya. Berbagai progam studi dari lulusan sarjana bisa mengambil alih profesi penulis ini.

Nah, itu tadi adalah beberapa prospek kerja jurusan sarjana Pendidikan yang keren-keren dan tidak kalah saing dengan menjadi guru. Bagaimana apakah kamu salah satu yang berminat untuk mengambil pekerjaan ini? 

Apakah sarjana pendidikan hanya bisa menjadi guru saja? Ternyata tidak lho. Mereka juga bisa bekerja di perusahaan. Jika kuliah di jurusan pendidikan, entah itu pendidikan ekonomi, pendidikan Bahasa Inggris, pendidikan dokter, dan lain-lain, kamu akan belajar tentang bagaimana mentransfer ilmu dari guru ke murid.



Tenang saja jangan khawatir Jurusan Pendidikan ngga cuma jadi guru kok, Jurusan Pendidikan masih banyak Profesi yang lainnya juga. Tidak cuman  bekerja sebagai guru saja!! Ada banyak yang Lainnya.

0 Komentar