Tips Cerdas Atur Keuangan Anak Kos, Biar Nggak Boros

MANGGUMEDIA.COM - Menjadi anak kos adalah salah satu tahapan yang suatu saat akan dilewati ketika menjadi mahasiswa. Menjadi anak kos sebenarnya tidak mudah namun juga tidak sulit termasuk dalam hal mengatur keuangan.

Apabila kita tidak pandai mengatur keuangan secara mandiri, tentu kita akan sulit membedakan antara yang menjadi kebutuhan dan keinginan. Sebab tidak jarang keinginan dapat membuat kita jadi boros sehingga kebutuhan yang sebenarnya jadi tidak bisa terpenuhi.

Untuk menghindari hal itu, kamu perlu terapkan tips yang tepat agar kamu bisa memenuhi kebutuhan kos kamu dan tidak boros. Berikut ini adalah tips cerdasnya bagi kamu anak kos.

1. Buat Daftar Belanja

Membuat daftar belanja sangat penting untuk dilakukan sebelum kamu pergi berbelanja. Sebab dari daftar belanja kita jadi tahu apa saja barang yang akan dibeli. Kemudian lihatlah perkiraan uang yang akan dikeluarkan.

2. Rajin Menabung

Uang kiriman dari orang tua, sebaiknya disisihkan sebagian untuk kamu tabung. Jika ada keperluan mendesak, uang tabunganmu akan sangat membantu sehingga kamu tidak perlu merepotkan orang tua.


 

3. Masak Makanan Sendiri

Untuk makanan sehari-hari sebaiknya kamu pilih untuk memasak sendiri. Kamu juga bisa membawa bekal sendiri ke kampus. Selain itu tetap usahakan untuk membeli makanan yang sehat dan bergizi agar kesehatanmu tetap terjaga.

4. Buat Batasan Pengeluaran Belanja Harian


Untuk menghemat pengeluaran harian sebaiknya kamu mencatat terlebih dahulu dalam satu hari biasanya kamu mengeluarkan uang untuk apa saja. Jumlahkanlah nominalnya untuk mengetahui berapa jatah belanja harian kamu. Kurangi keinginanmu untuk bermewah-mewah karena hal ini hanya akan membuat keuanganmu memburuk di masa nanti.

Nah, itu tadi adalah tips cerdas mengatur keuangan yang dapat kamu terapkan selama menjadi anak kos. Dengan pandai mengatur keuangan, kebutuhan kamu akan terpenuhi tanpa harus mengharapkan orang lain dan pastinya terhindar dari sikap boros.






Sumber gambar: Pixabay(dot)com


0 Komentar