5 Tips Memilih Kos untuk Mahasiswa Baru

 


MANGGUMEDIA.COM - Tidak sedikit mahasiswa yang akhirnya pindah-pindah kos disebabkan alasan tidak betah, jarak kampus terlalu jauh dari kos dan sebagainya. Hal ini terjadi bisa jadi karena sebelumnya seseorang tidak menggali betul-betul informasi terkait kos tersebut.

Karena itu agar tidak salah saat memilih kos, kalian wajib tahu tips memilih kos yang benar. Berikut langsung saja kita simak 5 tips memilih kos untuk mahasiswa baru.

1. Mencari Jauh-Jauh Hari

Usahakan mencari informasi kos saat jauh-jauh hari. Dengan usaha seperti ini kalian masih memiliki peluang banyak untuk memilih kos. Bandingkan saat semakin dekat dengan hari masuk perkuliahan, ketersediaan kos tentu semakin sedikit. Informasi terkait ketersediaan kos bisa kalian cari melalui media sosial. Selain itu dapat pula dengan menanyakannya kepada teman atau keluarga.

2. Harga dan Fasilitas Kos

Tanyakan berapa biaya yang harus kalian keluarkan untuk kos tersebut. Bandingkan pula dengan fasilitas dan prasarana yang disediakan oleh pihak pemilik kos-kosan. Beberapa kos-kosan bahkan memberlakukan biaya tambahan untuk keperluan priibadi misalnya untuk pemasanagn televisi, kulkas dan lain-lain.

3. Ketahui Jalan Akses ke Kampus

Patut kalian tanyakan juga terkait berapa jarak yang akan kalian tempuh dari kos ke kampus. Perhatikan juga bagaimana keadaan jalanan yang akan menjadi tempat kalian berlalu-lalang dari kos ke kampus. Apakah keadaan jalan sepi, ramai, dan sebagainya. Tidak lupa pula untuk mengirakan berapa waktu yang kalian keluarkan untuk pergi ke kampus yang disesuaikan dengan cara kalian pergi ke kampus.

4. Tanyakan Peraturan Kos

Pemilik kos biasanya menerapkan peraturan kos misalnya kapan jam kos harus ditutup, sistem pembayaran kos, pemberlakuan waktu inap bagi tamu yang menginap di kos. Peraturan ini penitng diketahui agar kalian tidak sampai tiba-tiba dikeluarkan dari kos akibat melanggar peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemilik kos.

5. Lakukan Survei

Terakhir adalah melakukan survei lapangan. Pada saat survei kalian dapat membuktikan dan mengecek dari informasi kos yang kalian tanyakan sebelumnya kepada pihak pemilik kost. Usahakan tidak terburu-buru saat melakukan survei. Lakukan survei secara keseluruhan mulai dari lingkungan sekitar, luar kos sampai ke dalamnya.


Demikian 5 tips memilih kos bagi kalian para mahasiswa baru. Semoga informasi ini bisa menjadi panduan bagi kalian yang akan memiliki kos untuk kebutuhan kuliah.



Sumber Gambar: Kinciakincia

0 Komentar