Sejarah Perkembangan Sistem Desentraliasi pada Masa Penjajahan Jepang

MANGGUMEDIA.COM - Hirarki komando utama adalah panglima besar yang sejajar dengan gubernur jenderal. Sedangkan yang mengeluarkan peraturan-peraturan disebut Osamu Seirei dan Gunseiken (pembesar pemerintah).

Di wilayah komando Jawa-Madura Gunseireiken mengeluarkan Osamu Seirei 1942/27 tentang tata pemerintahan daerah, dengan membagi Jawa ke dalam beberapa syuu (dikepalai syuutyookan). Kemudian syuu dibagi ke dalam beberapa ken (yang dikepalai oleh kentyoo). Kemudian ken dibagi ke dalam beberapa si (yang dikepalai oleh sityoo).

BACA JUGA: Sejarah Perkembangan Sistem Desentraliasi Pada Masa Revolusi Kemerdekaan

  • Coba kita buktikan bener atau tidak nih Bestie... Beli buku ajah bisa dapet Beasiswa Klik DISINI

Struktur tersebut menghilangkan gubernur dan parlemen. Struktur pemerintahan yang dibangun penjajah Jepang tersebut dalam rangka kepentingan militer Jepang di Indonesia yang sewaktu-waktu dengan mudah dapat dimobilisasi untuk mencapai tujuan-tujuan pemerintahan militer jepang.



Buku sistem keuangan daerah menjelaskan perkembangan sistem desentralisasi, desentralisasi fiskal, reformasi perencanaan pembangunan daerah, penyusunan rancangan APBD, yang dapat dinilai dengan uang. Buku karya Prof. Dr. Rabina Yunus, M.Si 👇



 

Referensi:

Rabina Yunus, Sistem Keuangan Daerah (Bandung: Penerbit Manggu Makmur Tanjung Lestari, 2021)

 

0 Komentar