Pengertian Manajemen Aset

MANGGUMEDIA.COM - Berbicara mengenai pengertian manajemen aset, tentu ada dua kata yang perlu dipahami terlebih dahulu. Yaitu, kata “manajemen” dan “aset”. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran. Atau, bisa juga diartikan bahwa manajemen adalah pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi. Sedangkan aset adalah sesuatu yang mempunyai nilai tukar; kekayaan; modal.

Berdasarkan sumber yang diambil dari Wikipedia bahasa Indonesia, manajmen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Sedangkan aset adalah semua sumber ekonomi atau nilai suatu kekayaan oleh suatu entitas tertentu dengan harapan memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang dapat diukur dalam satuan uang, termasuk di dalamnya sumber daya nonkeuangan yang diperlukan untuk penyediaan jasa bagi masyarakat umum dan sumber-sumber daya yang dipelihara karena alasan sejarah dan budaya.

BACA JUGA: Pengertian Manajemen Aset Menurut Para Ahli

Kedua kata di atas dapat digabungkan menjadi satu kalimat, yaitu manajemen aset. Secara sedehana dapat diartikan bahwa manajemen aset merupakan pengelolaan terhadap semua sumber ekonomi atau nilai kekayaan. Pengertian secara umum, manajemen aset adalah sebagai sebuah pengambilan keputusan, sikap, pembagian atau penggunaan suatu aset dengan bijaksana. Penggunaan dari aset secara manajemen sudah dipikirkan secara matang, guna meminimalisir pemakaian berlebih.

Pengertian manajemen aset secara utuh dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia tidak ditemukan. Sedangkan jika menelusuri pengertian manajemen aset di Wikipedia bahasa Indonesia dapat ditemukan. Manajemen aset adalah serangkaian kegiatan pengelolaan aset yang ditujukan agar sumber daya aset dapat memberikan manfaat secara maksimal.



Mulyono & Niken Saraswati, Investasi dan Pasar Modal ( Bandung: Manggu Makmur TanjungLestari, 2020)



Sumber gambar: gurupendidikan[dot]co[dot]id/

0 Komentar