Pengertian Manajemen Aset Menurut Para Ahli


MANGGUMEDIA.COM -- Supaya Anda bisa lebih memahami mengenai pengertian manajemen aset, bisa Anda lihat berbagai pendapat mengenai pengertian manajemen aset dari para pakar manajemen berikut:

Dr. A. Gima Sugiama


Manajemen aset adalah suatu ilmu dan seni untuk memandu pengelolaan kekayaan yang mencakup proses perencanaan kebutuhan aset, mendapatkan, inventarisasi, legal audit, menilai, mengoperasikan, memelihara, membaharukan atau menghapuskan, hingga mengalihkan aset secara efektif dan efisien.

Dolli D. Siregar

Manajemen aset adalah suatu profesi atau keahlian yang belum sepenuhnya berkembang atau populer di lingkungan pemerintahan maupun di satuan kerja atau instansi.


Kaganova dan McKellar

Manajemen aset adalah proses pengambilan keputusan dan implementasinya sesuai dengan akuisisi, penggunaan, dan pembagian dari aset tersebut.

Danylo dan Lamer

Manajemen aset adalah metodologi untuk secara efisien dan adil mengalokasikan sumber daya di antara tujuan dan sasaran yang valid dan bersaing.

Departemen Transportasi Amerika Serikat

Manajemen aset adalah suatu proses yang sistematis guna memelihara, memperbaharui, dan mengoperasikan dengan biaya efektif aset fisik.
Hastings

Manajemen aset adalah serangkaian kegiatan yang terkait dengan: (1) mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan aset, (2) mengidentifikasi kebutuhan dana, (3) memperoleh aset, (4) menyediakan sistem dukungan logistik dan pemeliharaan untuk aset, (5) menghapus atau memperbaharui aset sehingga secara efektif dan efisien dapat memenuhi tujuan.

Dr. Jontro Simanjuntak, S.Pt., S.E., M.M.


Manajemen Aset adalah kombinasi dari manajemen, keuangan ekonomi, teknik mesin dan praktek kerja yang diterapkan pada aset fisik dengan tujuan agar mampu menyediakan tingkat pelayanan prima dengan biaya yang paling efesien.

Mitchell, dkk.

Manajemen aset adalah istilah umum yang umum digunakan di bidang keuangan, real estat, ruang bangunan, alokasi sumber daya dan sejumlah bidang lain yang berarti memaksimalkan pemanfaatan dan pengembalian aset, terutama keuangan.

Danylo, N.H. dan A. Lemer

Manajemen Aset adalah metodologi untuk secara efisien dan adil mengalokasikan sumber daya di antara tujuan dan sasaran yang valid dan bersaing.

Hastings

Manajemen aset adalah serangkaian kegiatan yang terkait dengan mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan aset, mengidentifikasi kebutuhan dana, memperoleh aset, menyediakan sistem dukungan logistik pemeliharaan untuk aset, menghapus atau memperbaharui aset sehingga secara efektif dan efisien dapat memenuhi tujuan.


Referensi;

Mulyono & Niken Saraswati, Investasi dan Pasar Modal ( Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari, 2020)


Sumber gambar: Wislah[dot]com

0 Komentar