Beda Pilihan Jurusan Kuliah Sama Orang Tua, Bagaimana Solusinya?


MANGGUMEDIA.COM - Bagi kamu yang akan melanjutkan kuliah tentu ada saja perbedaaan pendapat dengan orang tua, salah satunya masalah jurusan kuliah. Orang tua mau kamu jurusan Kedokteran biar kamu sama seperti mereka sedangkan kamu lebih pilih jurusan Teknik Arsitektur karena kamu merasa jurusan ini sesuai dengan kemampuanmu. Terus bagaimana solusinya?

Untuk kasus seperti ini sebaiknya kamu tetap pilih jurusan yang sesuai dengan minatmu. Karena ke depannya kamu jugalah yang akan menjalaninya bukan kedua orang tuamu.
 BACA JUGA:   Kenali 4 Faktor Mahasiswa Salah Jurusan, Cek Sebelum Terlambat
Akan tetapi, perlu dipahami dan dipertimbangkan adalah bahwa orang tua tentu ingin yang terbaik bagi anaknya. Karena itu untuk mendapatkan solusi terbaik untuk kedua belah pihak, berikut ini adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan.

1. Coba Komunikasikan

Pada dasarnya setiap permasalahan akan terselesaikan dengan komunikasi yang terjalin dengan baik. Bisa jadi perbedaan pilihan jurusanmu dengan orang tua disebabkan karena kurangnya komunikasi dengan orang tua. Bisa jadi kamu tidak jelas mengkomunikasikannya dengan orang tua atau kamu belum menyampaikan tujuan sebenarnya kepada mereka.

Ayo Gaess Semangat Buat mengejar Cita-citanya. Raih cita citamu setinggi langit!! 




2. Beri Pengertian

Berikanlah pengertian kepada orang tua terkait apa saja akibat yang akan kamu terima jika kamu berada di jurusan kuliah pilihan kedua orang tuamu. Misalnya, di jurusan ini membuat kamu tidak bisa berkembang, susah mencerna pelajaran dan hal-hal yang kemungkinan bisa menjadi kendala ketika kamu menjalani proses perkuliahan.

3. Menang Sama-Sama

Kalau tidak juga menemukan titik terang setelah perdebatanmu dengan orang tua, cobalah nanti ketika mendaftar kamu pilih jurusan kedua orang tuamu dan jurusanmu sendiri. Kamu bisa coba daftar dua pilihan jurusan misalnya kamu pilih jurusanmu untuk pilihan pertama lalu pilihan kedua adalah jurusan pilihan orang tua. Sampai sini mungkin kedua belah pihak akan merasa sama-sama menang meskipun belum benar-benar finish.

  • Jika Anda ingin membuat keputusan sendiri, sudah tekad dengan keputusannya mau masuk jurusan hukum. Nihh, disini ada buku rekomendasi banget buat kalian yang masuk jurusan hukum. Buku yang berjudul (Hak Asasi Manusia dalam Realitas Global) bahwa manusia memiliki hak yang melekat pada dirinya karena ia adalah seorang manusia






Sumber gambar: Pixabay(dot)com

0 Komentar