Kenali 4 Faktor Mahasiswa Salah Jurusan, Cek Sebelum Terlambat


MANGGUMEDIA.COM - Salah jurusan merupakan masalah yang biasa dialami mahasiswa perguruan tinggi. Ketika sudah terjadi masalah demikian maka upaya untuk melanjutkan perkuliahan jadi terasa garing dan melelahkan.Tentu hal ini sangat merugikan. Sebenarnya apa saja yang membuat mahasiswa jadi merasa salah jurusan? Berikut akan diulas lebih lanjut.

1. Cenderung Ikut Apa Kata Orang 

Lingkungan dapat memengaruhi keputusan seseorang saat memutuskan mengambil jurusan di perguruan tinggi. Ha ini terjadi bisa jadi karena adanya rasa percaya yang berlebihan dengan orang-orang tersebut. Bisa jadi seperti kepada orang tua, kakak, teman sekelas atau guru.
Meskipun begitu bukan berarti kita tidak boleh mengambil pendapat mereka. Justru kita sangat memerlukan pendapat mereka namun hanya sebatas sebagai bahan pertimbangan bukan sebagai tujuan akhir dalam sebuah keputusan.

BACA JUGA: Cek Ini 5 Barang Wajib Bagi Mahasiswa Beserta Kegunaannya

2. Kurang Riset Jurusan


Ada yang mengeluh karena banyaknya pengeluaran biaya praktek. Ada juga yang mengeluh karena padatnya jam perkuliahan dan belum lagi kegiatan kampus yang lain. Akibatnya tidak jarang membuat seorang mahasiswa kelelalahan, depresi dan sebagainya yang kemudian membuatnya merasa tidak betah lagi dengan perkuliahannya hingga memutuskan keluar dari kampus.
Kejadian ini sering kali menimpa mahasiswa pertengahan semester yang diakibatkan karena kurangnya riset terhadap jurusan yang telah mereka pilih. Maka dari itulah penting bagi mahasiswa untuk melakukan riset jurusan sejak awal.

3. Tergiur Prospek Kerja yang Bagus

Memilih jurusan dengan prospek kerja yang bagus namun tidak diimbangi dengan penguasaan terhadap bidang maka hasilnya tidak akan maksimal. Tidak jarang malah menambah beban. Lebih baik pilih jurusan dengan penguasaan bidang yang baik dan sesuai dengan keahlian tentu perkuliahan akan berjalan maksimal.

4. Terjebak Sistem

Tidak sedikit yang mengakui bahwa ada banyak mahasiswa yang merasa salah jurusan akibat sistem penerimaan perguruan tinggi. Adanya ketidaksesuaian syarat saat akan mendaftar di perkuliahan membuat mahasiswa harus memilih jurusan yang tidak sesuai dengan bidang mereka.
Demikian tadi faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa salah jurusan. Bagi kalian yang akan menempati bangkus kampus, harap berhati-berhati dalam memlih jurusan. Jangan sampai masa perkuliahan terbuang percuma karena terlanjur salah memilih jurusan.

Akibat Mahasiswa suka salah jurusan. Hindari faktor-faktor ini!!

0 Komentar