Apa Itu Risiko?

MANGGUMEDIA.COM - Pertanyaan tersebut perlu untuk diketahui oleh semua orang. Mengapa demikian? Setiap jengkal kehidupan yang sedang dilalui atau dijalankan oleh semua orang tentu semuanya mengandung risiko.

Risiko bisa dan akan menimpa siapa saja yang lengah atas apa yang dikerjakannya. Risiko dapat dirasakan pada akhir perjalanan atau perbuatan. Namun, risiko dapat diprediksi atau diperkirakan sebelum melakukan perjalanan atau perbuatan.

Kehidupan manusia dalam perjalanannya selalu dihantui atau diikuti dengan risiko. Risiko tersebut tentu mau tidak mau harus diambilnya.

Apa saja risiko yang mesti diambil oleh setiap manusia?

Tentu semua bidang kehidupan manusia. Toh, risiko itu akan menghampiri kita dalam setiap perbuatan. Risiko hanya dapat dimanaj dengan baik. Sehingga risiko tersebut menjadi sebuah hal yang positif bagi dirinya maupun orang lain.

Berdasarkan sumber yang dikutip dari Wikipedia bahasa Indonesia, risiko adalah  bahaya, akibat atau konsekuensi yang dapat terjadi akibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, risiko adalah akibat yang kurang menyenangkan (merugikan, membahayakan) dari suatu perbuatan atau tindakan.

Menurut Arthur J. Keown, risiko adalah prospek suatu hasil yang tidak disukai. Sedangkan menurut Hanafi, risiko merupakan besarnya penyimpangan antara tingkat pengembalian yang diharapkan (expected return –ER) dengan tingkat pengembalian aktual (actual return).

BACA JUGA: Pahami Pasar Modal Sebelum Berinvestasi!

Dari beberapa definisi di atas, risiko memiliki beberapa pengertian yang dapat disimpulkan secara sederhana. Risiko memiliki arti peluang terjadinya kerugian, kemungkinan adanya kerugian, ketidakpastian, penyimpangan kenyataan dari hasil yang diharapkan, dan probabilitas bahwa suatu hasil berbeda dari yang diharapkan.

Intinya adalah risiko sebagai suatu kejadian yang sudah atau akan terjadi. Kejadian tersebut akan memberikan suatu hasil yang buruk/negatif kepada seseorang atau kelompok yang mengalaminya. Situasi tersebut akan mengakibatkan enggan pada seseorang untuk melakukan suatu aktivitas, karena adanya ketidakpastian.

Kejadian di masa yang akan datang karena adanya ketidakpastian yang bisa memberikan dampak positif/baik ataupun negatif/buruk yang akan dialami, terjadi bila ada suatu keputusan untuk menjalankannya. Kondisi tersebut, yaitu antara dua kemungkinan apabila dijalankan disebut dengan risiko.

       "Hanya mereka yang berani mengambil risiko melangkah terlalu jauh, yang mungkin bisa mengetahui sejauh mana hal itu bisa dilakukan." dan hanya "Mereka yang tidak punya keberanian untuk mengambil risiko tidak akan mencapai apa pun dalam hidupnya."



Kalian Mau Uang 250K? Ayo ikutan Lomba Nulis Artikel bertemakan bebas. Artikel Yang bagus sekreatif kreatifnya kalian khususnya untuk yang sudah beli buku di Terbitan Penerbit Manggu. yang ingin mengikuti lomba ini dan  belum beli bukunya ayo buruan kalian bisa beli bukunya di marketplace kami. Toko Buku Angga_Wacana   Buruan Ikutan Sekarang Juga!! 💯


0 Komentar