3 Skill Penting Yang Wajib Dimiliki Bagi Mahasiswa Semua Jurusan

MANGGUMEDIA.COM - Tidak hanya setelah kamu masuk dunia kerja, saat menjadi mahasiswa pun kamu juga perlu memilliki skill, lho. Skill ini akan mendukung kamu dalam menjalankan progam perkuliahanmu agar lebih efektif dan efesien.

Akan tetapi, tahukah kamu skill apa saja yang diperlukan mahasiswa? Dari pada penasaran di bawah ini langsung saja kita paparkan 3 skill penting yang mahasiswa wajib punya.

1.    Terbiasa dengan Teknologi

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa hampir semua aspek kehidupan tidak lepas dengan peran teknologi. Sebab dengan teknologi segala aktivitas menjadi lebih mudah dan cepat terselesaikan termasuk dalam menyelesaikan pekerjaan perkuliahan.

BACA JUGA: Jadi Mahasiswa Idaman Dosen, Begini Ciri-Cirinya

Pengetahuan tentang literasi teknologi sangat penting untuk mendukung aktivitas agar berjalan dengan efektif dan efesien. Kemampuan dalam mengoperasikan komputer, aplikasi, memanfaatkan jaringan internet merupakan salah satu penguasaan teknologi yang sangat penting kamu miliki saat menjadi mahasiswa. Sehingga kamu bukan hanya memiliki teknologi yang canggih untuk sebatas mengikuti tren saja namun kamu juga mampu mengoperasikannya.

2.    Jiwa Wirausaha

Memang tidak semua orang mau membuka usaha atau berbisnis. Akan tetapi, memiliki jiwa wirausaha atau entrepreneurship ini ternyata sangat penting apalagi setelah kamu terjun ke dunia kerja. Alasan penting pertama adalah dengan memiliki jiwa wirausaha kamu jadi dapat mudah untuk memiliki usaha sampingan.

Banyak mahasiswa sekarang yang memiliki usaha sampingan saat ini dengan alasan seperti tidak ingin membebankan orang tua, ingin membayar uang kuliah sendiri dan banyak lagi.

Dengan memiliki usaha sampingan kamu jadi bisa belajar mandiri secara finansial, punya business mindset, terbiasa menyelesaikan masalah ekonomi minimal dalam lingkup kecil, bisa jadi pribadi yang lebih percaya diri dan banyak lagi.

3.        Kemampuan Bekerja Sama

Skill terakhir yang wajib dimiliki bagi semua mahasiswa di berbagai jurusan adalah terkait kemampuan kamu dalam bekerja sama. Kemampuan bekerja sama dapat membuatmu menjadi pribadi yang terbuka, tidak mudah tersinggung, belajar berkomunikasi, memahami dan menghargai perbedaan orang di sekitarmu dan lain sebagainya.

Pentingnya kerja sama ini menyadarkan kita bahwa sejatinya perkuliahan bukanlah ajang berkompetisi dan pamer melainkan untuk saling mendukung ke arah kesuksesan dan tujuan bersama.

Bagaimana menurutmu apakah kamu sudah memiliki 3 skill penting ini? Kalau belum maka cobalah mulai sekarang belajar untuk melatih skill tersebut selagi kamu masih mahasiswa. Selamat belajar skill baru!


Skills adalah kemampuan yang dapat membantumu menggunakan waktu, sumber daya, hingga energi secara efisien untuk menyelesaikan tugas. Nah ini adalah buku Pengelolaan Karakter pada Mahasiswa yang bermanfaat sebagai referensi bagi mahasiswa. Ingin tahu lebih lanjut klik LINK ini.


Sumber gambar: detik(dot)com

0 Komentar