Wahai Para Guru Tercinta, Inilah 3 Tugas dan Tanggungjawab Guru Madrasah yang Tak Boleh Dilupakan


MANGGUMEDIA.COM--Siapa di antara pembaca yang saat ini menjadi guru madrasah? Bagaimana rasanya menjalani profesi yang tak terlepas dari belajar mengajar itu?

Tahukah wahai para guru madrasah, apa sih sebenarnya tugas dan tanggungjawab seorang guru itu? Sudahkah Anda menjalankannya dengan maksimal?

Berikut 3 tugas dan tanggungjawab guru madrasah, seperti diolah dari buku Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran: Strategi Guru dalam Mengelola Kelas karya Muh. Fitrah dan Hendra yang diterbitkan Penerbit Manggu:

1. Guru itu sebagai pendidik

Ini sungguh berat! Selain jadi guru, ia juga bertugas sebagai pendidik yang harus menjadi teladan para siswa-siswi, baik di madrasah maupun di luar madrasah.
Tak hanya itu, sebagai pendidik, guru harus memastikan berlangsungnya proses belajar mengajar di madrasah dapat memuaskan dan penuh tanggungjawab.
Dengan kata lain, guru sebagai pendidiklah yang dapat menentukan siswa memiliki karakter positif atau negatif!

2. Guru itu sebagai pembimbing

Pembimbing itu, guru mampu memahami keadaan siswa secara psikologis. Ia dituntut mengerti, misalnya waktu yang tepat untuk menyampaikan materi kepada siswa.
Dan guru belum dikatakan berhasil bila terdapat para murid yang belum mencapai tujuan dalam proses pembelajaran.
Selain itu, guru pun, mau tidak mau, selain mesti konsisten memotivasi anak-anak, juga harus sabar menjelajahi setiap karakter siswa.

3. Guru juga melakukan evaluasi

Guru yang baik itu bukan guru yang rajin masuk kelas, tapi tidak efektif dalam menyampaikan materi.
Namun, dialah guru yang terus-menerus melakukan refleksi, baik terhadap dirinya maupun siswanya mengenai tingkat keberhasilan dalam proses transfer pengetahun di kelas.
Andai ada siswa yang belum memahami salah satu mata pelajaran, misalnya, maka guru seyogyanya mampu mengomunikasikan hal itu kepada anak didik dan mencari solusinya.

Nah, itulah 3 tugas dan tanggungjawab guru madrasah yang sebaiknya diingat, ya tentu oleh para guru di manapun berada!


Hidup para guru!


Untuk Para guru madrasah yang ingin menumbuhkan prinsip islam sebagai landasan berpikir yang logis tentang agama Islam. Bisa diklik bukunya disini 👇



Sumber gambar:Ngopibareng

0 Komentar