Unsur dan Manfaat Komunikasi Asertif


MANGGUMEDIA.COM -- Sebagaimana sudah dijelaskan dalam artikel lain, bahwa asertif sebagai kehalian seseorang dalam bersikap dan berkomunikasi. Sehinga tidak heran jika seseorang yang memiliki kemampuan dalam komunikasi asertif akan mampu menyampaikan perasaan, pikiran, keinginan kepada orang lain. Namun, dalam menyampaikan itu semua tentu dengan tetap menjaga dan menghargai hak-hak serta perasaan pihak lain. 
BACA JUGA: Komunikasi

 Dalam bersikap, komunikasi asertif memiliki dua unsur, yaitu verbal dan nonverbal. Komunikasi asertif verbal memiliki beberapa unsur, yaitu:

a. mengatakan tidak,

b. menunjukan sikap,

c. meminta bantuan,

d. mengajukan hak, dan

e. ungkap perasaan.


Sedangkan unsur-unsur Komunikasi asertif nonverbal, yaitu:

a. kekerasan suara,

b. kelancaran,

c. kontak mata,

d. ungkapan wajah,

e. ungkapan tubuh, dan

f. jarak.


Berikut beberapa manfaat kepemimpinan asertif, yaitu: pertama, orang menyadari peran dan keberadaan Anda. Kedua, membuka peluang-peluang baru. Ketiga, memperoleh banyak teman dan lebih mudah bekerja sama. Keempat, memudahkan diplomasi dan mempengaruhi orang lain. Kelima, membuat orang merasa dihargai karena kepentingan dan kebutuhannya terkomunikasi.

Ragam Manfaat Bersikap Asertif
Selalu dihormati dan dihargai orang lain. Meningkatkan rasa percaya diri. Meningkatkan keterampilan dalam pengambilan keputusan. Membantu mengatasi stres. Nah ini aku punya salah satu buku tentang komunikasi nihh






Sumber gambar: Alodokter[dot]com

0 Komentar