Komunikasi

 

Sumber: Facebook Aneka.Coffee

MANGGUMEDIA.COM - Sering mendengar yang namanya komunikasi? Pastinya. Saya yakin Anda-Anda semua tentu sudah mengenal, minimal pernah mendegar yang namanya komunikasi. Bahkan, saya yakin dari Anda-Anda semuanya sudah tau maksud dari kata komunikasi tersebut.

Ya…. Kalau kita definisikan secara sederhananya bisa dibilang hubungan percakapan antara seseorang dengan orang lain. Obrolan sehari-hari dengan orang tua, anak, istri, suami, saudara, tetangga, teman sepermainan, teman kerja, atasan dengan bawahan, dll. adalah bentuk komunikasi sederhana yang diakukan antar individu.

BACA JUGA:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami; hibungan; kontak; perhubungan (https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/komunikasi). Sedangkan menurut Wikipedia, komunikasi adalah suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.




Komunikasi dapat terbentuk dengan verbal atau non verbal. Verbal merupakan komunikasi yang dilakukan dengan bahasa lisan berupa kata-kata. Sedangkan komunikasi nonverbal merupakan komunikasi menggunakan gerak-gerik tubuh atau menunjukan sikap tertentu.

Dalam keilmuan modern, komunikasi dapat dijadikan ilmu dan kajian tersendiri yang berdiri sendiri. Namun, dari ilmu komunikasi tersebut dapat diturunkan menjadi berbagai bidang atau kajian keilmuan. Dimana ilmu komunikasi dapat diterapkan di berbagai bidang kajian, seperti dalam bidang: politik, manajemen, bisnis, dan lain sebagainya. Sehingga keberadaan ilmu komunikasi sangatlah penting dalam kehidupan manusia dan bisa digunakan dalam berbagai sendi dan bidang kehidupan manusia.


Referensi: 

Deddy Satria M, Pengantar Manajemen Komunikasi, (Bandung: Penerbit Manggu Makmur Tanjung Lestari)






0 Komentar