Meredam Konflik dalam Organisasi

 

Gambar: pixabay.com

Konflik dalam organisasi merupakan hal tidak dapat dihindari karena itu adalah bagian dari proses dalam organisasi. Konflik merupakan proses yang terjadi antara dua orang atau lebih dengan tujuan untuk menyingkirkan orang lain.

Maka dari itu manajemen konflik sangat dibutuhkan untuk mengatasi hal tersebut. Tujuan manajemen konflik adalah untuk mencegah kemungkinan terjadinya konflik, menghindari terjadinya konflik, mengurangi dampak atau risiko yang diakibatkan konflik, menyelesaikan konflik secara singkat.


BACA JUGA: 

Sebelum Mengikuti Kepanitiaan Di Kampus, Ini Yang Wajib Mahasiswa Tahu

Untuk meredam sebuah konflik kita dapat melakukan dua hal. Hal pertama yaitu memahami permasalahan dengan baik, jika salah mendeteksi maka pengelolaan konflik akan gagal.

Selanjutnya kita harus mengetahui darimana konflik timbul, siapa saja yang terlibat, dimana konflik terjadi, dan bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya.

Setelah dua hal tersebut dilakukan maka harus ada solusi yang disepakati serta berkomitmen terhadap solusi tersebut. Selanjutnya tetaplah mengevaluasi berjalannya suatu solusi.

Proses mengelola  merupakan keahlian yang harus dimiliki seorang manajer, maka akan sangat penting untuk mempelajarinya.




0 Komentar