Model Pembelajaran dan Pengertiannya

MANGGUMEDIA.COM - Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, model diartikan pola (contoh, acuan, ragam, dan sebagainya) dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan. Dengan demikian, model adalah suatu kemasan atau penyajian fisik yang bersifat konseptual dari suatu obyek atau sistem yang mengkombinasikan/menyatukan bagian-bagian khusus tertentu dari obyek aslinya. Sedangkan pengertian pembelajaran berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah poses, cara, perbuatan menjadikan belajar. Pembelajaran adalah proses interaksi antarpeserta didik, antara peserta didik dan pendidik, dan antara peserta dan sumber belajar lainnya pada suatu lingkungan belajar yang berlangsung secara edukatif, agar peserta didik dapat membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilannya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

BACA JUGA:  Pentingnya Kecerdasan Emosional Bagi Tenaga Pendidik Anak Usia Dini

Model pembelajaran adalah sebagai suatu cara atau teknik penyajian pembelajaran yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran juga bisa diartikan sebagai kerangka atau konsep dasar yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengkoordinasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu. Fungsinya adalah sebagai pedoman bagi para pendidik dalam merancang pembelajaran dan merencanakan aktivitas belajar mengajar. Intinya, model pembelajaran memberikan kerangka dan arah bagi tenaga pendidik untuk mengajar.

Kedudukan model pembelajaran adalah sebagai bagian dari strategi pembelajaran yang sangat penting keberadaannya. Karena, model pembelajaran yang diterapkan oleh seorang pendidik dalam proses dan kegiatan pembelajaran turut serta menentukan kualitas dari pembelajaran tersebut, sekaligus kualitas hasil yang diperoleh.

Banyak model pembelajaran yang sudah dikembangkan oleh para tenaga pendidik dalam proses dan kegiatan pembelajaran. Itu semua bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada siswa dalam memahami dan menguasai pengetahuan atau pelajaran tertentu. Model pembelajaran yang dikembangkan oleh para tenaga pendidik tentu akan mengacu kepada karakteristik materi pelajaran yang akan disampaikan kepada siswa. Sehingga, tidak ada model pembelajaran tertentu yang diyakini sebagai model pembelajaran yang paling baik. Karena, semua itu tergantu pada situasi dan kondisinya.

Fungsi model pembelajaran adalah sebagai pedoman bagi para tenaga pendidik dalam melaksanakan suatu pembelajaran. Ingat, bahwa setiap model pembelajaran yang akan digunakan akan menentukan perangkat yang dipakai dalam pembelajaran tersebut.


Referensi:

Yulianah Prihatin, Model PembelajaranInovatif: Teori dan Aplikasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (Bandung: Penerbit Manggu Makmur Tanjung Lestari, 2019)


Sumber Gambar: Republika[dot]co[dot]id

0 Komentar