Malas Kuliah Karena Salah Jurusan, Coba Solusi Ini

MANGGUMEDIA.COM - Tidak mudah jika harus menjalani progam studi di jurusan kuliah yang tidak diimpikan sebelumnya. Berbagai faktor bisa saja terjadi hingga menyebabkan seseorang terjebak di jurusan yang salah.

Risiko yang ditanggung pun tentu tidak mudah. Mahasiswa yang salah jurusan harus pandai beradaptasi dengan progam studi baru yang diberikan setiap harinya. Sebab jika tidak maka mereka tidak akan mampu bertahan lama.

Tapi bagi kalian yang tidak memilih untuk bertahan tidak mengapa jika hal itu hanya membuat kalian semakin terpuruk. Masih ada solusi lain yang dapat kalian coba untuk tetap dapat berkuliah dengan jurusan yang kalian impikan. Bagaimana solusinya? Berikut kita simak bersama-sama informasinya di bawah ini.
1. Pindah Jurusan

Jika di dalam satu perguruan tinggi yang sama terdapat beberapa jurusan yang masih berkaitan dengan jurusan terdahulu yang kalian inginkan, kalian bisa saja memilih untuk pindah jurusan. Misalnya, karena tidak lulus di Jurusan Ilmu Hukum, kalian dapat memilih pindah ke Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai pengajar.

2. Daftar ke Kampus Lain

Upaya lain yang dapat kalian lakukan adalah dengan mendaftar ke kampus yang berbeda. Pilihlah kampus yang menyediakan jurusan yang kalian inginkan dan jangan lupa pula untuk memeriksa apakah pihak mereka membuka pendaftaran untuk mahasswa baru atau tidak.
3. Istirahat, Nanti Sambung Lagi

Terakhir, kalian bisa memilih untuk istirahat atau gap year dan pada tahun yang sudah ditentukan kalian dapat kembali mendaftar kuliah. Tidak salahnya kalian memilih cara ini jika upaya sebelumnya dirasa belum dapat dilakukan.

Demikian tadi upaya yang dapat kalian lakukan saat sudah terlanjur salah jurusan. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi kalian yang masih tetap ingijn berkuliah. Semangat pejuang kampus!




Sumber gambar: kompas[dot]com  

0 Komentar