Ini Akibatnya Mahasiswa Salah Jurusan, Jangan Sepelekan



MANGGUMEDIA.COM - Banyak yang tidak menyadari bahwa ada banyak dampak negatif dari mahasiswa yang salah jurusan. Mungkin ada yang memilih bertahan dengan bersabar meniti jalan namun ada juga yang berada dalam kegalauan yang berkepanjangan.
Adakalanya baik memaksakan diri namun adakalanya buruk jika alasan untuk bertahan menjadi tidak rasional dan berdampak buruk. Ada orang yang berhasil namun tidak sediikit juga yang berakhir tragis. Beberapa dampak negatif yang diakibatkan mahasiswa menjadi salah jurusan di bawah ini bisa saja terjadi berikut terangnya.

1. Membuang-buang Waktu

Tanpa kita sadari seseorang yang telah terjerat di dalam jurusan yang tidak disukainya akan lebih banyak membuang-buang waktu. Bagaimana tidak setiap hari, minggu bulan dan tahun ia terus dihadapakan dengan daftar mata pelajaran yang tidak disukainya.
Tidak ada semangat belajar, mengembangkan pemikirannya dan lainnya. Semua ia lakukan hanya sekedar menunggu kelulusan tanpa berbuat sesuatu yang lebih baik.

2. Membuang-Buang Uang

Tidak hanya waktu, uang pun adalah salah satu yang berharga di kehidupan saat ini. Sudah berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk membayar biaya kuliah dan biaya lainnya. Sedangkan status untuk menjadi seorang mahasiswa menjadi terlantarkan. Pada akhirnya tidak ada yang didapatkan selain membuang-buang uang pada keperluan yang sebenarnya tidak sesuai dengan kebutuhan.

3. Lebih Rentan Lelah Mental

Dampak negatif selanjutanya akibat dari salah jurusan adalah mulai bermunculannya gangguuan-gangguan mental seperti overthingking, tress, depresi, cemas dan lainnya. Dampak ini sebisa mungkin mesti diwaspadai sebelum akhirnya membesar dan memunculkan masalah lain.


Mempunyai keinginan berkuliah mesti memerhatikan jurusan yang tepat. Sebab hal ini akan memengaruhi kita dalam menjalankan proses perkuliahan. Sebab dari proses inilah sebenarnya yang sangat menentukan untuk jadi seperti apakah kita selanjutnya.

Ingatt! jangan sampai salah jurusan yah teman-teman




0 Komentar