Bingung Pilih PTN atau PTS? Cek Perbedaannya

 

MANGGUMEDIA.COM - Ada banyak alasan yang melatarbelakangi mengapa PTN dan PTS ini menjadi pertimbangan pilihan bagi para calon mahasiswa. Bisa karena dari segi sistem pendidikan, sistem penerimaan mahasiswa, hingga sistem pembiayaan perguruan tinggi.

Pada dasarnya ketiga perguruan tinggi ini sama-sama menjadi wadah pendidikan bagi calon mahasiswa yang ingin merajut jenjang perkuliahan mereka. Hanya saja ada yang membedakan antara ketiga jenis perguruan tinggi ini yakni dari segi siapa yang mengelolanya.

Perbedaan inilah yang kemudian melahirkan sistem peraturan yang berbeda dari masing-masing perguruan tinggi. Berikut adalah perbedaan dari masing-masing perguruan tinggi.

BACA JUGA : Mau Kuliah? Wajib Tahu Ini 5 Jenis Perguruan Tinggi Di Indonesia 

1. Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

PTS merupakan perguruan tinggi yang dimiliki serta dikelola oleh perorangan atau kelompok/yayasan tertentu. Penerimaan mahasiswa lebih fleksibel misalnya melalui jalur prestasi, jalur undangan, jalur tes dan lain-lain.

Adapun sistem pembiayaan di PTS ini cenderung bebas karena pihak mereka terlepas dari campur tangan pemerintah. Karena itu PTS dapat leluasa untuk mengembangkan berbagai fasilitas dan prasarana yang dimilikinya tanpa terikat oleh aturan selainnya. Sehingga tidak heran jika banyak yang berkata kalau biaya pendidikan di PTS jauh lebih mahal dibandingkan di PTN.

2. Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

PTN merupakan perguruan tingggi yang dikelola langsung oleh pemerintah, utamanya lewat Departemen Pendidikan Nasional ataupun Departemen lain miliki negara.

Penerimaan mahasiswa di PTN terbilang ketat dibandingkan dari PTS. Pihak PTN biasa menerapkan sistem SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandir sebagai jalur penerimaan. Sistem pembayaran kuliah biasanya dikelompokkan ke dalam golongan tertentu untuk menyesuaikan pada tingkat ekonomi mahasiswa sesuai dengan pedoman dari Kemendikbud.

Sebelum kalian benar-benar memutuskan untuk memilih perguruan tinggi pastikan kalian sudah tahu betul keseluruhan sistem peraturan yang ada di masng-masing perguruan tinggi tersebut.

Sekian informasi terkait perbedaan PTN dan PTN semoga dapat menambah pengetahuan  bagi kalian yang masih bingung dalam memilih perguruan tinggi.

CARI BUKU BERKUALITAS ? KLIK DISINI

Sumber gambar : Pixabay[dot]com

0 Komentar